PPM PELATIHAN GURU-GURU SDIT AL-FIRDAUS DALAM PEMBUATAN KONTEN BAHAN AJAR INTERAKTIF SISWA BERBASIS AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT

Authors

  • Heru Kartika Candra Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Emy Iryanie Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nadia Putri Utami Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahma Pitria Ningsih Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v3i1.1045

Keywords:

Kata kunci :Media Pembelajaran, Konten bahan ajar, power point, multimedia

Abstract

Setelah mengikuti pelatihan pada acara pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Komputerisasi Akuntansi (KOMPAK) Politeknik Negeri Banjarmasin pada tahun akademik 2019, dimana tema pengabdian yang diangkat “Ppm Pelatihan Bagi Guru-Guru SDIT Al-Firdaus Dalam Pemakaian dan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Siswa Berbasis Audio Visual Menggunakan Microsoft Power Pointâ€, maka pada program pengabdian kepada masyarakat yang sama prodi KOMPAK mengadakan kembali sosialisasi kepada pengajar SDIT AL FIRDAUS dengan kegiatan pelatihan dengan tema pembuatan bahan ajar berbasis multimedia yaitu “Pelatihan Bagi Guru-Guru SDIT Al-Firdaus Dalam Pembuatan Konten Bahan Ajar Interaktif Siswa Berbasis Audio Visual Menggunakan Microsoft Power Pointâ€.  Kegiatan ini diharapkan sebagai pengembangan dari materi selanjutnya yang dititik beratkan pada jenis model pembelajaran yang bisa dibuat sebagai inovasi materi ajar.

Sebagai keberlanjutan program ini, diharapkan para pengajar di SDIT AL FIRDAUS selain dapat memahami dan memakai media multimedia sebagai media pengajaran, namun lebih diutamakan dapat melakukan pengembangan pengetahuan dalam pemanfaatan media multimedia khususnya melakukan inovasi terhadap model pembalajaran dengan memanfaatkan media ajar berbasis multimedia.

Hampir semua peserta antusias dan merasakan manfaat pelatihan. Pelaksanaan pengabdian untuk guru-guru SD IT Al Firdaus Banjarmasin  dapat disimpulkan berhasil sampai  tahap  pelatihan  penyelesaian pembuatan bahan ajar berbasis multimedia.  Keberhasilan  ini ditunjukkan antara lain oleh :

  1. Adanya kesesuaian  materi  dengan  kebutuhan  guru-guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  2. Adanya respon  yang  positif  dari  peserta  mengingat  kegiatan  pengabdian  merupakan kebutuhan guru-guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Sebagian  besar  (90%)  peserta  telah  memahami teori dan  implementasi Microsoft Power Point berbasis multimedia

 

Kata kunci :Media Pembelajaran, Konten bahan ajar, power point, multimedia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Ronald A. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, terjemahan oleh Yusufhadi Miarso, dkk. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. 2002.Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Purnomo. 1996. Strategi Pengajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Joyce, Bruce, Marsha, Weil, and Beverly Showers.(1992). Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Mukminan.(1998). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Muhammad. (2004). Pedoman Pembelajaran Tuntas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah. Direktorat Pendidikan
Lanjutan Pertama.
Waluya, B. 2006.Multimedia Pembelajaran.Handout perkuliahan Program Magister Program Studi Pendidikan Matematika. UNNES: Semarang
Gagne, R. M. 1985. The conditions of learning and theory of instruction. New York: CBS College Publishing.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. 2003. Educational research: An introduction. Seventh Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Heinich, R., Molenda, M., Rusell, J. D., & Smaldino, S.E. 2002. Instructinal media andtechnology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Januszewski, A., Molenda, M. 2008. Educational Technology. New York: Lawrence Erlbaum Associates.
Martha, E. R. D., Rosalind, H. & Ted, W. P. 1993. Theory and Research in Social
Education. Vol. 4. Washington DC: NCSS.
Reigeluth, C. M. 1999. Instructioanl-design theories and models: A new paradigm ofinstructional theory. Volume II. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates,Publishers.
Reigeluth, C. M. 1983. Instructioanl-design theories and models: An overview of their currentstatus. Volume I. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology, Theory and Practice. 6th. USA: A pearson education company.
Smaldino, S.E. , Lowther, D.L. & Russell, J.D. 2008. Instructional Media and Technology forLearning. 9th Edition. Upper Saddle Rive NJ: Pearson Education, Inc.

Published

2021-02-19

Issue

Section

Articles