PELATIHAN PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KOTA BANJARBARU

Main Article Content

Padli Padli
Effan Najwaini
Hairul Anwar
Yoeni Indrasary

Abstract

Ditengah perkembangan UMKM yang belum terlalu baik di awal tahun 2020, UMKM di Indonesia kembali diuji dengan munculnya wabah Covid-19 ditengah masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tercatat 37.000 pelaku melapor terdampak oleh Pandemi Covid-19. Dari data laporan tersebut, sebanyak 56 persen UMKM melapor karena terjadi penurunan penjualan, 22 persen mengaku kesulitan permodalan, 15 persen melapor terjadi distribusi yang terhambat, dan 4 persen melaporkan kesulitan bahan baku. Selain itu covid ini juga mewabah di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan yang mengakibatkan diberlakukannya PSBB di kota ini. Pemberlakuan PSBB ini tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor UMKM terutama bagi UMKM yang belum go digital. UMKM yang belum mengenal penjualan lewat daring biasanya kehilangan pangsa pasarnya dan omset menurun tajam. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberian pelatihan Penggunaan Media Sosial dan Aplikasi Belanja Online Kepada UMKM di Kota Banjarbaru ini diharapkan para pelaku UMKM yang selama ini belum mengenal penjualan secara daring dan mengalami penurunan penjualan dimasa wabah pandemi ini bisa kembali produktif dan tetap mendapatkan peluang dari pasarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hereen, Rick. 2010. Marketplace Miracles. Yogyakarta: Andi Publisher.
Kompas.com. (2020, 17 April). Sebanyak 37.000 UMKM Terdampak Virus Corona. Diakses pada 19 Juni 2020, dari https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm-terdampak-virus-corona
Keegan, Warren J. 2006, Manajemen Pemasaran Global, Prenhallindo, Jakarta.
Makmur, Rakhmat, 2011. Bisnis Online. Yogyakarta: Informatika.