PEMBUATAN SISTEM INFORMASI RAPOR BERBASIS WEB PADA SMKS SYUHADA TEKNOLOGI BANJARMASIN

Authors

  • Ramadhani Noor Pratama
  • Evi Lestari Pratiwi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rini Amelia Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Huda Sya'rawi Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v4i1.1035

Keywords:

Sistem Informasi, Rapor, Berbasis Web, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin merupakan salah satu sekolah swasta di bawah naungan Yayasan STM Bersubsidi. Berdiri sejak tahun 1980 yang beralamat di jalan Brigjen H. Hasan Basry No. 23 Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin adalah salah satu organisasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan. Salah satu bagian penting yang ada di SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin adalah siswa dan nilai hasil belajar siswa. Terdapat puluhan bahkan ratusan siswa dan masing – masing siswa memiliki nilai yang berbeda – beda untuk setiap mata pelajarannya. Untuk mengelola data nilai siswa, SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin memiliki aplikasi dalam bentuk Microsoft Excel namun masih terdapat beberapa permasalahan.

Pada SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin terdapat masalah dalam mengelola nilai siswa, antara lain penggunaan teknologi informasi di SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin sudah berjalan, namun karena kurangnya pendampingan sehingga penggunaan teknologi informasi tidak dapat berjalan dengan baik. Di SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin juga terdapat aplikasi untuk mengelola nilai siswa, namun sering terjadi error program dan kesulitan dalam menggunakannya dan kurangnya jumlah komputer yang berguna untuk membantu civitas akademika di lingkungan SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin dalam mengelola nilai siswa Dari permasalahan tersebut maka dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pembuatan sistem informasi nilai rapor di SMKS Syuhada Teknologi Banjarmasin dan pendampingan dalam penggunaan sistem informasi yang berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan dalam pencetakan nilai rapor siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djaelangkara, R. T., Sengkey, R., & LAntang, O. A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah. In e-jurnal Teknik Elektro dan Komputer.
Hendrianto, D. E. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Indonesia Journal on Networking and Security.
Ian Sommerville. (2010). Software Engineering (Ninth Edition). In Software Engineering (Ninth Edition). https://doi.org/10.1111/j.1365-2362.2005.01463.x
Jogiyanto, H. (1995). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset.
Wardani, S. K. (2013). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA NILAI SISWA BERBASIS WEB PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH PACITAN. Indonesian Jurnal on Networking and Security.
Wulandari, T. Y., & Nugroho, G. K. (2012). Sistem Komputerisasi Penggajian Guru Pada Sekolah Menengah Pertama 2 Sambungmacan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.

Downloads

Published

2022-03-09

Issue

Section

Articles