PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI STAFF PENGAJAR DI LINGKUNGAN SMP NEGERI 24 BANJARMASIN

Authors

  • Agus Irawan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Adi Pratomo Manajemen Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Mey Risa Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Heldiansyah Heldiansyah Manajemen Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v3i1.1034

Keywords:

Media pembelajaran jarak jauh, Teknologi Informasi, screencast-o-matic

Abstract

Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini banyak dilakukan di hampir semua sector kegiatan dan aktifitas, terutama di dunia Pendidikan. Adanya institusi dan peserta didik memungkinkan interaksi pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh.

Adanya krisis yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, yaitu krisis Kesehatan (Pandemi covid 19) memaksa skema ini mutlak terjadi.  Banyak cara untuk menghubungkan itu semua, diantara media teknologi informasi.

Teknologi informasi menggunakan aplikasi dan jaringan online, yang lambat  laun semakin dibutuhkan sebagai sarana dan kelengkapan instrument. Salah satu contohnya adalah SMPN 24 Banjarmasin yang telah memanfaatkan aplikasi zoom, classroom dalam aktifitas PJJ selama ini.

Untuk melengkapi instrument itu maka diadakan penambahan aplikasi screencash omatic yang bertujuan menjadi pilihan alternatif lain bagi pengajar maupun siswanya. Politeknik Negeri Banjarmasin bekerja sama dengan SMPN 24 Banjarmasin melakukan kegiatan penerapan keilmuan   yang    bersifat    multi disipliner, yaitu kegiatan edukasi berupa pelatihan dan pendampingan penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan aplikasi populer screencash omatic dalam rangka meningkatkan keterampilan staf pengajar terhadap teknologi informasi di SMPN 24 Banjarmasin. Adapun   skema   yang diusulkan yaitu skema Program Pemberdayaan Masyarakat.

Kegiatan pengabdian ini bersifat  problem  solving, yaitu berupa pelatihan dan pendampingan agar dalam proses pembelajaran tidak hanya cukup dengan metode tatap muka, tapi juga bisa memanfaatkan teknologi informasi lewat HP atau PC komputer secara online (jarak jauh/daring).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariadhy, S.Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W. and Ferdiana, F., 2020. Pelatihan pembelajaran jarak jauh di era pandemi COVID-19. Jurnal Anoa, 1(3), pp.220-226.
Dewi, S.V., 2016. Efektivitas penggunaan media Screencast O-Matic pada mata kuliah kalkulus integral terhadap hasil belajar mahasiswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 2(1), pp.61-66.
Hasan, B., 2017. Teaching elementary mathematics using power point based screencast O-Matic videos.
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. and Saddhono, K., 2019. How is the Student's Negotiation Text in Collaborative Learning of Flipped Classroom and a CyberLink Power Director Media Apps. Ingénierie des Systèmes d'Information, 24(6).
Puspitasari, F. and Pratiwi, D.Y., 2021, February. Formal Versus Entertain, Which is Better?. In 6th UPI International Conference on TVET 2020 (TVET 2020) (pp. 162-167). Atlantis Press.
Warsita, B., 2007. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. TEKNODIK, p.9.

Published

2021-02-19

Issue

Section

Articles