PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR BAGI GURU-GURU SMPN 32 BANJARMASIN

Main Article Content

Mahyuni Mahyuni
Ahsanul Haq
Priyogie Priyogie
M. Hendra Sunarya

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 ini telah mengharuskan optimalisasi penggunaan teknologi untuk menjamin tetap terlaksananya proses belajar mengajar yang aman, cepat dan efisien lewat pembelajaran online. Saat ini pembelajaran online dapat dilakukan secara langsung dan dapat pula dilaksanakan secara tidak langsung. Untuk pembelajaran online secara langsung dapat menggunakan berbagai macam aplikasi meeting online, sedangkan pembelajaran online tidak langsung dapat menggunakan berbagai macam aplikasi Learning Management System seperti Google Classroom dan Edmodo.


Khusus untuk pembelajaran online tidak langsung, para guru dituntut untuk bisa menyampaikan bahan ajar yang interaktif dan mudah dipahami oleh para siswa, khususnya yang berbentuk video, sehingga walaupun tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun diharapkan para siswa dapat dengan mudah menyimak penjelasan-penjelasan yang disampaikan oleh guru. Untuk itu, para guru dituntut untuk mampu menguasai  keahlian dalam pembuatan video multimedia pembelajaran.


SMPN 32 Banjarmasin sebagai sebuah sekolah negeri di kota Banjarmasin, mempunyai 18 orang guru yang secara umum masih belum menguasai teknik pembuatan video multimedia untuk pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, sangat diperlukan untuk diadakan pelatihan pembuatan video multimedia pembelajaran untuk guru-guru SMPN 32 Banjarmasin sehingga dapat memperlancar dan mempermudah proses belajar mengajar yang ada di SMPN 32 Banjarmasin.


 


Keyword: Video Multimedia Pembelajaran, SMPN 32 Banjarmasin

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Fadhli, M. (2015, Januari). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-29.

Dabbagh, N. and Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson.

http://disdikkbb.org/?news=obs-studio-sebagai-aplikasi-pembuatan-video-pembelajaran#:~:text=OBS%20Studio%20merupakan%20aplikasi%20video,dapat%20berkontribusi%20untuk%20melakukan%20pengembangan.