Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Jasa Asuransi Pada Pt. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin

Penulis

  • Ihya Ulumiddina Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) secara simultan, parsiial dan dominan terhadap loyalitas nasabah jasa asuransi pada PT. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1300 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode solvin sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik  analisis regresi linier berganda menggunakan software SPPS versi 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap perubahan variabel loyalitas nasabah (Y) adalah 79% sedangkan sisanya 21% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam lingkup penelitian pada PT. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin. (2) variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah jasa asuransi pada PT. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin dengan nilai Thitung variabel Tangible (X1) sebesar 2,048, Reliability (X2) sebesar 2,280, Responsiveness(X3) sebesar 2,014, Assurance(X4) sebesar 0,542, Empathy(X5) sebesar 6,318. (3) di antara variabel kualitas pelayanan yang paling dominan adalah variabel empathy(X5) dengan nilai koefisien regresi yang paling besar yaitu 0,519 atau 51,9%.      

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Eriyanti Rini. 2020 “Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Loyalitas Nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Veteran Kota Banjarmasin. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin.

Irnanda, Aris 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Jalur Darat”. Fakultas Ekomomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Khamidah Nila, A’yun 2017. “Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Asuransi Syariash Bumiputera 1912 Kantor Operasional Tulungagung” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung. TulungAgung.

Mujahadah. 2020. “Laporan Tugas Akhir, Pentingnya Kualitas Pelayanan dalam mmeningkatkan kepuasan Nasabah pada PT. Taspen (Persero) Cabang Banjarmasin. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin.

Nursalim, 2014. (Studi Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Cibinong). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro .

Teguh, Nuryadin Muhammad, Pratiwi, Evi Lestari dan Hasany, Julian Fiqry 2020. “Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk WITEL Kalsel”. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin

Politeknik Negeri Banjarmasin, 2020. Buku Pedoman Tugas Akhir. Banjarmasin. Jurusan .Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin.

PT. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin. Kantor Pemasar Operasional Kalimantan Selatan.

PT. Asuransi Askrida Syariah, 2018. Standar Operasional Prosedur dan Laporan Tahunan Annual Report PT. Asuransi Askrida Syariah Tahun 2018, Jakarta.

Thungasal, Chandra Eddy dan Siagian, Hotlan 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hotel Kasuari”. Fakultas Ekonomi Universitas Krissten Petra. Surabaya

Yustinus Riyan Adiputra, Imroatul Khasanah 2016. PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA ASURANSI JIWA

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2022

Cara Mengutip

Ulumiddina, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Jasa Asuransi Pada Pt. Asuransi Askrida Syariah Banjarmasin. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 54–58. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1324