Promosi untuk Menarik Minat Pemustaka di Politeknik Negeri Banjarmasin

Penulis

  • Fitri Ani Dahrani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rustaniah Rustaniah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Novi Shintia Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.1234/bima.v1i2.1494

Kata Kunci:

Strategi, Promosi, Perpustakaan

Abstrak

Perpustakaan merupakan sarana yang disediakan untuk memperoleh informasi, namun kesadaran akan arti penting membaca masih rendah, hal ini menyebabkan rendahnya angka kunjungan ke perpustakaan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan promosi . Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi untuk menarik minat pemustaka di perpustakaan Politeknik Negeri Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan Politeknik Negeri Banjarmasin, dan 2 orang pustakawan.Objek dalam penelitian ini adalah promosi untuk menarik minat pemustaka di perpustakaan Politenik Negeri Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perpustakaan Politeknik Negeri Banjarmasin dalam melakukan promosi untuk menarik minat pemustaka ada dua yaitu: yang pertama : perumusan (formulasi) yang meliputi identifikasi masalah, penetapan target sasaran, penyusunan rencana kerja dan perumusan anggaran. Kedua : pelaksanaan (implementasi). Adapun bentuk promosi yang dilakukan yaitu: kontak perorangan,iklan, ceramah dan renovasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggito, Albi & Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Basuki, Sulistyo, Pengantar Ilmu Perpustakaan , Jakarta: Gramedia Pustaka, 1991.

Echols, John M. & Hassan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1989.

Hidayat, Nurul, “Strategi Promosi Layanan Utsman bin Affan Universitas Muslim Indonesia Makassar”, Skripsi; Universitan Islam Negeri Alauddin, Makassar, 2015.

Maelong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.

Mustafa, Badollahi, Promosi Jasa , Banten: Universitas Terbuka, 2012.

Nazir, Moh., Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Nusantari, Anita, Strategi Pengembangan , Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2012.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Suharyanto, Glosarium Istilah , Pare: FAM Publishing, 2014. Sujatna, Promosi , Tangerang: Mahara Publishing, 2016.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Ulumi, Bahrul, dkk., Pemasaran Jasa Informasi , Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.

Wulandari, Yuni, “Strategi Promosi Untuk Menarik Minat Pengunjung di Badan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”, Skripsi; Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

10-09-2022

Cara Mengutip

Dahrani, F. A., Rustaniah, R., & Shintia, N. (2022). Promosi untuk Menarik Minat Pemustaka di Politeknik Negeri Banjarmasin. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.1234/bima.v1i2.1494