Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin

Penulis

  • Muhammad Al Zulhijjah
  • Said Muhammad Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.1234/bima.v1i2.1493

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh digital marketing terhadap kepuasan pelanggan, serta pengaruh kualitas pelayanan dan digital marketing secara bersama-sama terhadap kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin (JNE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah 100 orang yang menggunakan jasa ekspedisi dari JNE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, lalu digital marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan, kemudian secara simultan menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis koefisien determinasi variabel kualitas pelayanan dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,382 atau 38,2%, yang artinya sebesar  38,2% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan digital marketing, sedangkan sisanya 61,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amir Fachruzi, 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PT. Hasrat Abadi di Makasar, Makasar: FE-UNHAS

Amstorng, dan Kotler. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : Prenhalindo

Anwar, H., & Pratiwi, E. L. (2021). Pengaruh Dimensi Brand Positioning Dan Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah: Studi Empiris Tentang Penerapan Aplikasi Bank Tabungan Pensiunan Nasional Jenius. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 21(1), 41-47

Arief, M. 2007. Pemasaran Jasa & kualitas Pelayanan: Bagaimana Mengelola KualitasPelayanan Agar Memuaskan Pelanggan. Malang: PT Bayu Media Publishing.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media

Fahmi, Fikri Nor, 2012. “Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Lembuswana”. Samarinda, Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPPS 23 (edisi 8). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponeogoro.

Hayatun, Nufus Maulidyna 2021. “Kualitas Pelayanan Jasa Ekspdisi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Cabang Landasan Ulin”. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.

Irawan, Handi, 2008. Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Cetakan pertama: PT. Gramedia: Jakarta

JNE EXPRESS. (2015). Profil Perusahaan. Retrieved from JNE EXPRESS: https://www.jne.co.id/id/perusahaan/profil-perusahaan

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Kotler. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

M. Mursid. 1993. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara

Parasuraman, A. Valerie. (2001). Delivering Quality Service (Diterjemahkan oleh Sutanto). New York: The Free Press.

Rambat Lupiyoadi, A.Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Sediawan, R. (2015). “Analisi Dalam Menciptakan Kualitas Pelayanan Untuk Mengarah Pada Kepuasan Konsumen”. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media

Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryati. (2015). Title Manajemen Pemasaran (Cetakan 1; Suryati, ed.). Yogyakarta: deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

10-09-2022

Cara Mengutip

Al Zulhijjah, M., & Muhammad, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.1234/bima.v1i2.1493