Metode Antrian guna Meningkatkan Layanan Distribusi pada CV Sarana Prima Lestari Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.1234/bima.v1i2.1490Keywords:
Logistics, Distribution, ProcurementAbstract
This study aims to find out about the services that exist at CV Sarana Prima Lestari Banjarmasin. This study uses the POM QM For Windows application in problem solving. At CV Sarana Prima Lestari Banjarmasin the logistics section currently uses the Multiple Channel Query System (M/M/S) queuing model and has a fleet of 8 units for out-of-town deliveries but still cannot distribute goods optimally. Therefore, calculations were carried out using POM QM For windows to determine the optimal number of fleets for distribution. From calculations using the POM QM For Windows application, the optimal number of fleets for the process of distributing goods at CV Sarana Prima Lestari Banjarmasin is 10 fleet units. Procurement planning was carried out because it saw problems in delivery in the form of delays caused by the lack of fleets currently owned by CV Sarana Prima Lestari Banjarmasin.
Downloads
References
Arif, A. A. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketimpangan Distribusi Pendapatan Antar Provinsi di Pulau Sumatera Tahun 2014-2016. Depok: Universitas Islam Indonesia.
Atmadjati, A. 2018. Layanan Prima dalam Praktik Saat Ini . Yogyakarta: Deepublish.
Edi Winata, S. M. 2017. Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan. Jurnal Ilmiah Reseach Sains Vol. 3 No. 1, 29.
Eka Sanggala, E. M. 2019. Analisis Sistem Antrian Untuk Menentukan Jumlah Operator Angkut Yang Optimum Dengan Metode Teori Antrian Untuk Meminimalkan Waktu Keterlambatan Pengiriman Kantong Surat Dan Barang Prioritas Di PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Mail Processing Center (Mpc. Semarang : Politeknik POS .
Fithrotuddin, M. 2017. Annalisis dan Pembuatan Sistem Antrian Untuk Pelayanan Administrasi Akademik Sekolah Pescasarjana MEnggunakan Model M/M/S. Bogor : Institut PErtanian Bogor .
Hasrida. 2018. Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian . Palopo : Institut Agama Islam Palopo.
Herjanto, E. 2015. Manajemen Operasi, Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.
Karlina, E. R. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 7-16.
Kurniasari, R. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Bogor. Jurnal Sektretari Dan Manajemen , 129-134.
Megawati. 2018. Model Penentuan Antrian Teller Pada PT BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk Unit Belotung Banjarmasin . Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
Megawati. 2018. Model Penentuan Antrian Teller Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Belitung Banjarmasin. Banjarmasin : Politeknik Negeri Banjarmasin.
Moleong, L. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Panitia Tugas Akhir. 2021. Buku Pedoman Tugas Akhir Jurusan Administrasi Bisnis. Banjarmasin: Politeknik Negeri Banjarmasin.
Render, J. H. 2019. Manajemen Operasi. Jakarta: Selemba Empat.
Rusydi, A. 2017. MAnajemen Pemasaran. Bandung: ALFABETA.
Siswandi, S. M. 2017. Administrasi Logistik & Gudang (Kasus Pada Aplikasi Perusahaan). Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.
Sunyoto, D. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).