Efektivitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Aplikasi E-Samsat pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Banjarmasin 1

Penulis

  • Gusti Kintan Wardhani
  • Rika Novyanti Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rohayati Rohayati Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rini Amelia Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.1234/bima.v1i2.1489

Kata Kunci:

Pelayanan, Pajak, Aplikasi E-Samsat

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi E-Samsat pada Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Banjarmasin 1, dan (2) untuk mengetahui perbandingan antara pengguna pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara konvensial dengan yang menggunakan aplikasi         E-Samsat pada Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Banjarmasin 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pada pelayanan pembayaran pajak kendaran bermotor pada Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Banjarmasin 1. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 124 responden. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) efektivitas yang berkaitan dengan prosedur dan layanan, E-Samsat dapat mempermudah masyarakat yang jauh dari kota agar dapat meminimalisasi keterlambatan, karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan (2) aplikasi e-samsat ini, pelanggan merasa adanya kemudahan dalam aplikasi tersebut. Maka dari itu Sebaiknya pelayanan melalui E-Samsat dapat lebih dimaksimalkan lagi agar masyarakat puas dalam penggunaan pelayanan E-Samsat tersebut seperti kepastian jadwal dan durasi pelayanan yang dihasilkan dari pelayanan e-samsat efektif dan kejelasan tata cara pelayanan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abrar, Al Putri. 2017. “Efektivitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Pekanbaru Selatan. Riau: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Makmur, Siska Safitri. 2021. “Efektivitas Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Program Samsat Keliling pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Samsat Wilayah Takalar.

Marpaung, Siti Nurjannah. 2021. “Efektivitas Pelayanan Samsat Online Nasional dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Prima di Kantor Samsat Medan. Sumatra Utara: Universitas Muhamadiyah Sumatra Utara.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2016. Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.

Sinambela, Litjan Poltak. 2016. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implementasi. Cetakan kelima. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

10-09-2022

Cara Mengutip

Kintan Wardhani, G., Novyanti, R., Rohayati, R., & Amelia, R. (2022). Efektivitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Aplikasi E-Samsat pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Banjarmasin 1. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 91–98. https://doi.org/10.1234/bima.v1i2.1489