Pengaruh strategi promosi media sosial untuk meningkatkan keputusan pembelian mahasiswa pada kedai kopi di banjarmasin

Penulis

  • Rahmatul Jannatin Naimah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Redho Muhammad Politeknik Negeri Banjarmasin

Kata Kunci:

promosi, media sosial, perilaku konsumen, keputusan pembelian

Abstrak

Bisnis kedai kopi berkembang pesat hampir di seluruh kota besar di Indonesia, tidak terkecuali kota Banjarmasin. Banyaknya kedai kopi di Banjarmasin pada akhirnya menimbulkan persaingan antar kedai yang semakin ketat untuk mendapatkan pengunjung atau konsumennya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah promosi menggunakan sosial media berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dikedai kopi Banjarmasin. Penelitian menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Dan kedai kopi yang dijadikan sebagai objek penelitian yaitu Kedai Kopi Kawai di Banjarmasin. Hasil analisis regresi linear sederhana menyatakan sebenarnya ada hubungan antara Promosi media sosial dengan Keputusan pembelian. Hasil temuan yang menunjukan adanya 2 kelompok responden yang mana pada kelompok Promosi Media Sosial 1 (PMS 1), promosi media sosial secara positif signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen , sedangkan kelompok Promosi Media Sosial 2 (PMS 2) promosi media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Auker, Craig. 2011. Social Media and its Application in Business Marketing. Thesis on the University of Massachusetts Dartmouth. http://ssrn.com/abstract=2067223.

Anita Rahmi, 2019. "Strategi Promosi Melalui Media Sosial Intagram Guna Menarik Generasi Milenial Untuk Memilih Produk Tabungan pada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatatan cabang Paringin". Banjarmasin: Penerbit Politeknik Negeri Banjarmasin.

Collins, C. Juni 2011. Why Social Marketing Is Better Than Traditional Marketing (Video). http://www.youtube.com/watch?v=mD0gChoYIMY

Bagas Aji Pamungkas dan Siti Juhrroh, 2016. "Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada kedai Bontacos Jombang". Jombang : Penerbit STIE PGRI Dewantara Jombang.

Dewi Untari dan Dewi Endah Fajariana. 2018 " Strategi Pemasaran Media Sosial Instagram pada akun @Subur_Batik". Bandung : Penerbit Politeknik Kridatama Bandung.

Fasihatul Muslihah , 2018. "Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion dalam Pandangan Islam". Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran (Edisi 3).Yogyakarta: Andi.

Kismono, Gugup. 2001. Bisnis Pengantar. Yogyakarta : BPFE

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 13. Jakarta. Erlangga

Kotler dan Amstrong. 2006.The Principle of Marketing Management. USA: Prentice Hall

Mileva Lubiana dan Fauzi Achmad. "Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Administrasu Bisnis Vol.58 No.1 Mei 2018

Schiffman, Leon G & Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta. Indeks Puri Media Kembangan.

Thoring, A. (2011). Corporate Tweeting: Analysing The Use Of Twitter As A Marketing Tool By UK Trade Publishers. Publishing Research Quarterly, 27(2), 141-158. http://link.springer.com/article/10.1007%2Fs12109-011-9214-7

Unduhan

Diterbitkan

10-09-2022

Cara Mengutip

Jannatin Naimah, R., & Muhammad, R. (2022). Pengaruh strategi promosi media sosial untuk meningkatkan keputusan pembelian mahasiswa pada kedai kopi di banjarmasin. BIMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 63–71. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1474