Pengaruh Hasil Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin.

  • Priyougie Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ahsanul Haq Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Linda Permanasari Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Akuntansi

Abstract

Terdapat beberapa kesamaan antara matematika dan akuntansi, yaitu sama-sama menekankan pada penggunaan logika, menggunakan simbol, dan memiliki rumus-rumus pasti. Sehingga pada umumnya jika seorang siswa yang kemampuan matematikanya bagus, kemungkinan besar kemampuan akuntasinya juga bagus.  Oleh karena itu maka peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar matematika terhadap hasil belajar akuntansi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin.

Untuk keperluan pengujian hipotesis penelliti mengambil data nilai akhir mata kuliah matematika di semester I dan data rata-rata nilai akhir dari beberapa mata kuliah yang bernuansa akuntansi di semester selanjutnya seperti mata kuliah: Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Biaya, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, dan Praktik Pengantar Akuntansi. Setelah data tersebut diuji normalitasnya selanjutnya untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya atau tidak antara hasil belajar mata kuliah matematika terhadap hasil belajar mata kuliah akuntansi pada mahasiswa Akuntansi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin diadakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji regresi linear sederhana.

Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara hasil belajar mata kuliah matematika terhadap hasil belajar beberapa mata kuliah akuntansi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Jika hasil belajar mata kuliah matematika tinggi, maka hasil belajar beberapa mata kuliah akuntansi juga tinggi dan sebaliknya. Rata-rata hasil belajar beberapa mata kuliah akuntansi tersebut dipengaruhi sebesar 47,66 % oleh hasil belajar mata kuliah matematika sedangkan sisanya 52,34 % dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Metematika, Akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Mulyono. (2012). Anak Berke-sulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Budhiyanto, Suryanti J. dan Nugroho, Ika P., 2004, Pengaruh Kecerdasan Emosi-onal Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. X, No.2, hal.260-281.

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontem-porer. Bandung: JICA.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multi-variate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Undip, Semarang.

Hadari Nawawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. (Cetakan ke-13). Yogyakarta: Gajah Mada University Pers

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Hamzah B. Uno. (2009). Profesi Kepen-didikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. (2011). Model Pembela-jaran. (Cetakan ke-8). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Handayani, Dwi Nita. (2009). Pengaruh Kemampuan Berhitung Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kudus. Dokumen Karya Ilmiah. (Online). (http: //lib.unnes.ac.id/5431/1/4350A.pdf, November 2014).

Hasibuan. (2008). Proses Belajar Menga-jar, Rosda Karya: Yogyakarta.

Khodijah Nyayu. (2014). Psikologi Pendi-dikan. Jakarta: Rajawali Pers. 13

Mardiyanti Dian, (2007). Pengaruh Kemam-puan Dasar Matematika dan Bahasa terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Akuntansi Keuangan Siswa Kelas 3 Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus Tahun 2004/2005. Dokumen Karya Ilmiah. (Online). (http://lib.unnes.ac.id/1227/,November 2014).

Qorie Dimas. Akuntansi dan Manajemen. (Online). (https: //www. academia. edu/3887532/akutansi & manajeman, Maret 2015).

Siregar, M.M., Ir. S. (2014). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS Versi 17. PT Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Published
2021-06-30
Section
Articles