Mobile SIG Dalam Visualisasi Peta Rencana Detail Tata Ruang Kota Dengan Pemotretan Udara Tanpa Awak

Main Article Content

Silvester Sari Sai Hery Purwanto Yastin David Batara Maria P.M. Manek

Abstract

Dokumen dan Informasi penataan ruang wilayah termasuk dalam klasifikasi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala kepada masyarakat Untuk itu Bidang Penataan Ruang perlu mengembangkan sistem informasi yang memuat data dan informasi terkait penataan ruang. Sejalan denganĀ  perkembangan teknologi informasi saat ini, hampir semua sistem informasi telah mengalihkan oreantasi visualisasi dari sistem kertas menjadi sistem digital. Mobile SIG merupakan metode untuk meyampaikan informasi peta dalam bentuk digital yang memungkinkan pengguna dapat secara real time melihat posisi dan informasi dari sebuah obyek diatas permukaan bumi. Dalam pelaksanaan kegiatan ini data spasial yang digunakan adalah Citra Satelit Resolusi Tinggi World View-2 tahun akusisi 2015 yang telah melalui proses ortorektifikasi level-3 Skala 1 : 5.000. Pembaharuan data dilakukan menggunakan data ortofoto yang diperoleh dari foto UAV tahun Akusisi 2017. Dari kedua sumber data tersebut selanjutnya dapat diperoleh peta dasar dan peta tematik Rencana Detail Tata Ruang Kota Kelurahan Lowokwaru. Dengan perangkat lunak mobile SIG Carrymap V.3.5. peta dasar dan tematik digital Kelurahan Lowokwaru dapat divisualisasikan secara real time. Peta digital tersebut juga dapat dilakukan proses pencarian dan pembaharuan data secara real time baik data spasial dan atribut. Informasi yang ditampikan dari unit data spasial juga dilengkapi dengan foto sebagai tambahan informasi

Article Details

How to Cite
SAI, Silvester Sari et al. Mobile SIG Dalam Visualisasi Peta Rencana Detail Tata Ruang Kota Dengan Pemotretan Udara Tanpa Awak. POROS TEKNIK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 23-30, june 2019. ISSN 2442-7764. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/800>. Date accessed: 13 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.31961/porosteknik.v11i1.800.
Section
Artikel

References

[1] Ringkasan Eksekutif Penyusunan Review Rencana Rinci Tata Ruang Kota Malang (BWP Malang Utara). (n.d.). Bappeda.malangkota.go.id. http://bappeda.malangkota.go.id/wp-content/uploads/sites/11/hasil_kajian/EKSUM%20REVIEW%20MALANG%20TENGGARA.pdf
[2] Manek, Maria Pricilla M. 2018 Visualisasi Rencana Detail Tata Ruang Kota Berbasis Mobile GIS (Studi Kasus : Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). thesis, ITN Malang.
[3] Raiz, E.1962. Principles of Cartography. McGraw-Hill Book Company - New York. London 1962
[4] Prihandito, A.1998.Kartografi. PT. Mitra Gama Widya.2005
[5] Nurdiansyah, Mochamad. 2011. Perancangan dan Implementasi Kontroler PID untuk Tracking Waypoint pada Sistem Navigasi UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Berbasis GPS (Global Positioning System). Proceeding Seminar Tugas Akhir : ITS Surabaya.
[6] Wolf, P. R., dan Dewitt, B. A., 2000. Elements of Phtogrammetry with Applications in GIS 3rd Edition, McGraw-Hill Inc., NewYork, USA, 608 halaman.
[7] Sutarga.,I,K,2005.File Presentasi Sistem Informasi Geografi.