Rancang Bangun Aplikasi Perhitungan Kompresi Mesin Dan Jenis Oktan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Authors

  • Achmad Gufrans Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Wahidin Wahidin Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Setia Graha Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v10i2.695

Keywords:

Rasio Kompresi, Oktan Bahan Bakar, Rekayasa Perangkat Lunak

Abstract

Rasio kompresi dapat diketahui dengan melakukan perhitungan terhadap volume ruang bakar, volume silinder dan parameter lainnya. Rasio kompresi juga sangat berkaitan dengan jenis bahan bakar yang akan digunakan, khususnya jenis oktan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi. Penggunaan jenis bahan bakar yang keliru kadar oktannya akan menyebabkan beberapa masalah diantaranya terjadinya detonasi dan ngelitik pada saat proses pembakaran. Semakin besar rasio kompresi mesin maka akan semakin tinggi nilai oktan bahan bakar yang diperlukan.

Penelitian ini merancang suatu aplikasi yang bertujuan untuk menghitung rasio kompresi mesin khususnya mesin sepeda motor, sehingga akan dapat mempermudah siapapun teknisi dan praktisi yang ingin mengetahui rasio kompresi mesin dari berbagai merek kendaraan sepeda motor dan sekaligus membantu mengetahui jenis oktan bahan bakar yang tepat pada mesin dengan rasio kompresi tertentu. Luaran dari penelitian ini adalah teknologi tepat guna berupa rekayasa perangkat lunak yang dapat melakukan perhitungan rasio kompresi dengan cepat dan akurat. Aplikasi yang dibuat nantinya akan dirancang dengan menggunakan compiler Delphi dan didesain dengan tampilan interface yang memudahkan pengguna (User friendly).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Achmad Gufrans, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Mesin Produksi

Wahidin Wahidin, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Mesin Produksi

Setia Graha, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Elektro

References

[1] Sudiar, A. (2016). Implementasi dan Perancangan Aplikasi Pada Perencanaan Bantalan dan Bearing. Jurnal Poros Teknik Poliban, 8(Desember 2016), 73–78.
[2] Winarto, E. (2011). Pengaruh Bahan Bakar Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan Variasi Rasio Kompresi Terhadap Kadar Emisi Gas Buang CO dan HC.
[3] Zulkifli. (2018). Mengenal Hubungan Kompresi dan Nilai Oktan - Kompas.pdf. Kompas.Com. Retrieved from https://otomotif.kompas.com/read/2011/01/18/18104961/Mengenal.Hubungan.Kompresi.dan.Nilai.Oktan
[4] Sudiar, A. (2017). Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Perhitungan Transmisi Sabuk dan Pully Pada Elemen Mesin. In Prosiding (SNRT) Seminar Nasional Riset Terapan (pp. C18–C26). Banjarmasin: Poliban.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Gufrans, A., Wahidin, W., & Graha, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Perhitungan Kompresi Mesin Dan Jenis Oktan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor. POROS TEKNIK, 10(2), 54–59. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v10i2.695

Issue

Section

Artikel (Indonesia)