Rancang Bangun Aplikasi Perhitungan Sistem Saluran Pada Pengecoran Logam

Authors

  • Muhammad Hasbi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Murdjani Murdjani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Muhammad Arsyad Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/porosteknik.v10i2.694

Keywords:

Pengecoran Logam, Sistem Saluran, Rekayasa Perangkat Lunak

Abstract

Pengecoran (Casting) merupakan suatu proses penuangan material logam cair atau plastik cair ke dalam suatu cetakan , kemudian dengan mendiamkannya membeku di dalam cetakan tersebut dalam kurun waktu tertentu dan kemudian dikeluarkan dari cetakan tersebut untuk selanjutnya melalui proses finishing sampai pada akhirnya menjadi komponen mesin. Pada umumnya proses pengecoran dipilih untuk membuat suatu komponen mesin yang memiliki bentuk yang cukup kompleks.

Perhitungan sistem saluran pada suatu proses pembuatan cetakan sangatlah penting, mengingat hasil yang diperoleh dengan menggunakan berbagai luasan sistem saluran yang berbeda akan menghasilkan hasil cetakan yang berbeda pula, baik dari kualitas maupun kemudahan proses penuangannya. Terdapat beberapa langkah yang perlu mendapat perhatian berkaitan dengan perhitungan sistem saluran ini diantaranya perhitungan luas saluran masuk, pengaruh faktor gesekan terhadap aliran dan tinggi penuangan. Penelitian ini mencoba membantu para teknisi maupun praktisi yang bekerja dibidang pengecoran logam dengan membuat sebuah aplikasi perhitungan sistem saluran yang dapat mempercepat proses perhitungan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Hasbi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Mesin Produksi

Murdjani Murdjani, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Mesin Produksi

Muhammad Arsyad, Politeknik Negeri Banjarmasin

Dosen Teknik Mesin Produksi

References

[1] Cantù, M. (2008). Delphi 2009 Handbook. Italy.
[2] DRPM Kementerian Riset, T. dan P. T. (n.d.). ISBN : 978-602-73996-5-5. Jakarta Pusat.
[3] HAPLI. (2017). Perhitungan Sistem Saluran. diakses 27 agustus 2018, dari https://hapli.wordpress.com/foundry/teknik-perancangan-pengecoran/perhitungan-sistem-saluran/
[4] Sudiar, A. (2016). Implementasi dan Perancangan Aplikasi Pada Perencanaan Bantalan dan Bearing. Jurnal Poros Teknik Poliban, 8(Desember 2016), 73–78.
[5] Sudiar, A. (2017). Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Perhitungan Transmisi Sabuk dan Pully Pada Elemen Mesin. In Prosiding (SNRT) Seminar Nasional Riset Terapan (pp. C18–C26). Banjarmasin: Poliban.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Hasbi, M., Murdjani, M., & Arsyad, M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Perhitungan Sistem Saluran Pada Pengecoran Logam. POROS TEKNIK, 10(2), 49–53. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v10i2.694

Issue

Section

Artikel (Indonesia)