PENGARUH VARIASI HEATING RATE PROSES PIROLISIS TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BRIKET CHAR BAMBU

Authors

  • Sigit Mujiarto Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Teguh Suprianto Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Bambu merupakan salah satu jenis biomassa yang limbahnya termasuk sampah kota atau MSW (municipal solid waste), yang mempunyai energi density rendah. Limbah bam-bu mempunyai potensi sebagai bahan baku untuk bahan bakar. Untuk menghasilkan e-nergi densitas tinggi digunakan proses pirolisis dan dilanjutkan dengan proses densifikasi atau pembriketan untuk membentuk sebuah briket char (arang) bambu.

Dalam penelitian ini, akan dipaparkan pengaruh variasi heating rate (laju pemanasan) proses slow pyrolisis (pirolisis lambat) terhadap karakteristik pembakaran briket char  bambu. Heating rate pada sampel 20 gram proses pirolisis divariasikan 5 ºC / menit,  10ºC / menit dan 20ºC / menit, dengan temperatur akhir 400 ºC dan holding time 30 me-nit. Char yang terbentuk kemudian dipadatkan dengan proses densifikasi menjadi briket char bambu yang dilakukan secara hidrolik pada tekanan 250 kg/cm2 yang diholding selama 5 menit dan dikeringkan pada temperatur 105 ºC selama 20 menit. Sampel briket char bambu ± 3 gram ditempatkan dalam tungku dengan laju pemanasan 20 ºC/menit sampai tidak terjadi perubahan massa. Analisis thermogravimetri dilakukan untuk me-ngetahui karakteristik pembakaran briket char bambu.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh heating rate proses slow pyrolisis untuk  pembakaran briket char bambu memiliki nilai kalor yang minimun pada Heating rate  20ºC/menit. Harga karakteristik pembakaran ITFC (Fixed Carbon Initiation Temperature) menunjukkan keterkaitan dengan heating rate, dimana semakin lambat heating rate maka harga ITFC dan ITVM (Volatile Metter InitiationTemperature )semakin besar. Untuk karakteristik pembakaran yang lain, yaitu, PT (Peak Temperature ) dan BT( Burning Temperature) tidak menunjukkan keterkaitan dengan  heating rate. Harga Energi Aktivasi minimum pada Heating rate  5ºC/menit.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Mujiarto, S., & Suprianto, T. (2017). PENGARUH VARIASI HEATING RATE PROSES PIROLISIS TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BRIKET CHAR BAMBU. POROS TEKNIK, 4(2), 77–80. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/14

Issue

Section

Artikel (Indonesia)