ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PADA ABUTMEN JEMBATAN SEI. TATAH BANGKAL SUATU SIMULASI

  • fathurrozi fathur rozi politeknik negeri banjarmasin

Abstract

Jembatan Tatah Bangkal berada diatas sungai dimana tanah disekitar area jembatan berupa lapisan tanah lunak dengan nilai daya dukung tanah relative rendah, sehingga diperlukan pemilihan pondasi yang sesuai untuk jembatan tersebut. Dipilihnya pondasi tiang karena kedalaman lapisan tanah keras berada pada kedalaman antara 41,00m sampai dengan 48,00 m dari permukaan tanah. Analisa daya dukung pondasi tiang dilakukan dengan beberapa metode diantaranya metode Schmertmann-Nottingham (1975) dan metode langsung (Direct Cone Method) berdasarkan data sondir, dan metode Mayerhoff (1956) berdasarkan data SPT, Untuk perhitungan effisiensi kelompok menggunakan 3 metode yaitu metode Conversi-Labarre, metode Los Angeles Group dan metode Seiler-Keeney. Daya dukung pondasi tiang yang berdasarkan data sondir dengan menggunakan metode Schmertmann-Nottingham (1975) diperoleh Qult titik1 589,98 ton dan titik2 558,99 ton, dengan menggunakan metode DCM diperoleh Qult titik1 935,20 ton dan Qult titik2 897,34 ton, sedangkan berdasarkan data SPT dengan metode Mayerhoff (1956) diperoleh Qult titik1 852,56 ton dan Qult titik2 837,15 ton. Effisiensi kelompok tiang didapat dengan menggunakan metode Conversi-Labarre 0,722, metode Los Angeles Group 0,75 dan metode Seiler-Keeney 0,793. Daya dukung ijin kelompok tiang yang diijinkan,  Qall=2260,11 ton.Abutmen jembatan yang duduk diatas tiang group ini mampu memikul jembatan gelagar baja komposit kelas A bentang 25 meter dengan beban maksimum per abutmen sebesar 706,22 ton.

References

Badan Standar Nasional, 2008, SNI 4153-2008 Cara Uji Penetrasi Lapangan dengan SPT. Jakarta

Badan Standar Nasional, 2008, SNI 2827-2008 Cara Uji Penetrasi Lapangan dengan Alat Sondir. Jakarta.

Bazaraa, A. 1967. Use of the Standard Penetration Test for Estimating Settlements of shallow foundations on sand, Ph.D. Dissertation, Civil Engineering Department, University of llinois, Champaign Urbana, llinois

Bowles,J.E., 1992, Analisa dan Desain Pondasi Jilid 2, Edisi Keempat, Erlangga. Jakarta.

Coduto, P.D., 1994 Foundation Design Principle and Practices, Prentice Hall, Englewood, N.J., 07632.

Bukaka,1996, Jembatan Gelagar Baja Komposit, Bentang 20m-30m, PT.Bukaka Teknik Utama, Cileungsi Bogor.

Dirjend. Bina Marga, 1995, Standar Jembatan Gelagar Komposit, Bentang 8m – 25 m, MBI/A/B, Departeman Pekerjaan Umum, Jakarta.

GEC Unpar, 2005, Manual Pondasi Tiang, Unpar, Bandung.

Hardiyatmo, H. Christady., 2002, Analisis dan Perancangan Fondasi bagian II, Gajah Mada University Press,Yogyakarta.

Meyerhof, G. G. (1956). Penetration tests and bearing capacity of cohesionless soils. ASCEJ Soil Mech Found Div 82:866– 1019.

Rahardjo,Paulus.P.,Ir.,1992, Uji Sondir Interpretasi dan Aplikasinya Untuk Perencanaan Pondasi, Makalah Shortcourse In-Situ, Jakarta.

Reese.L.C. and O’Nell.M.W., 1989, New Design Method for Drilled Shafts from Common Soil and Rock Test, Procedings, Foundations Engineering: Current Principles and Practices, American Society of Civil Engineering, Vol. 3, p.p. 1026-1039.

Sahputra, Ikhwan Dwi, 2018, Pondasi tiang pancang jembatan S. Tatah Bangkal menggunakann data sondir dan standar penetration test (SPT), Poliban, Banjarmasin.

Sardjono., 1994, Pondasi Tiang Pancang Jilid 1. Sinar Jaya Wijaya, Surabaya.

Schmertmann-Nottingham, L. C. (1975). Use of quasi- static friction cone penetrometer data to predict load capacity of displacement piles. PhD Thesis, University of Florida

Schmertmann, J. H. (1978). Guidelines for cone penetration test, performance and design.U.S.Department of Transportation.

SMEC, 1994, Teknologi Jembatan Level Satu, Kursus SBI-L1,Indonesian Australian Steel Bridge Project.

Sosrodarsono, S dan Nakazawa, K., 1983,Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi, PT. Pradnya Paramita, Jakarta,

Terzaghi, K. & Peck, R.B., S, 1967,Soil Mechanics in Engineering Practice, 2 nd. Ed. John Wiley and Sons, New York.

Zainal, N. dan Respati, S., 1995, Pondasi, Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik (PEDC),Bandung.
Published
2020-05-30
How to Cite
ROZI, fathurrozi fathur. ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PADA ABUTMEN JEMBATAN SEI. TATAH BANGKAL SUATU SIMULASI. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 20, n. 01, p. 16-27, may 2020. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/904>. Date accessed: 03 july 2020. doi: https://doi.org/10.31961/intekna.v20i01.904.