ANALISIS FAKTOR STIMULI PEMASARAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PRODUK FASHION PADA GENERASI Z

Authors

  • Mutia Arda FEB Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dewi Andriany FEB Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v19i2.871

Keywords:

Media Sosial, Impulse Buying, Millenial

Abstract

Pergeseran konsumsi masyarakat Indonesia dari belanja off-line menuju belanja on-line ditandai dengan Indonesia termasuk dalam 10 besar negara Asia dengan pengguna internet terbanyak. Mayoritas pengguna internet saat ini adalah kaum muda yang disebut dengan generasi z. Produk fashion merupakan produk yang paling banyak dibeli secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi z, antara lain: Faktor 1 terdiri dari kualitas yang baik, harga terjangkau, akun di berbagai media, nyaman dipakai, hemat, jaminan purna jual. Faktor 2 terdiri postingan menarik, desain up to date, warna menarik. Faktor 3 terdiri dari satu variabel saja yaitu promosi gencar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta. Rineka cipta.
Assael, Henry. 1992. Consumer Behavior and Marketing Action. New York. PWS-KENT Publishing Company.
Assidiqi, Hasbi. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Keputusan Konsumen Dalam Pembelian On-Line (E-Commerce) Untuk Kategori Industri Barang Elektronik (Komputer) Di Jakarta Dan Bandung. http://eprints.binus.ac.id/10043/
Bencsik, A., Machova, R. 2016. Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management. In ICMLG2016 - 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016 (p.42). Academic Conferences and publishing limited.
Cozby, P. C., Bates, S. C. 2012. Methods in Behavioral Research. Singapore. Mc Graw Hill.
Hardiawan, Anandia Cahya. 2014. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Jurnal Teknologi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Jalalkamali, M., Nikbin, D. 2010. The Effects of Motivation on Purchase Decision, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Business. Vol. 2 No.8.
Karina, Ritdzi. 2013. Analisa Marketing mix, Lingkungan Sosial, Psikologi terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra Vol.1 No.2.
Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta. Erlangga.
Prasetijo, Ristiyanti., Ihalauw, John. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariat, Edisi Revisi, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta. Penerbit PT. Elex Media Komputindo.
Sekaran, Uma. 2000. Research Methode of Bussiness. Hermintage Publishing Service.
Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor. Ghalia Indonesia.
Umar, H. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta. Gramedia.
Yazid. 2005. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Edisi 2. Jakarta. Ekonisia.

Downloads

Published

11/26/2019

How to Cite

Arda, M., & Andriany, D. (2019). ANALISIS FAKTOR STIMULI PEMASARAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PRODUK FASHION PADA GENERASI Z. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 115–120. https://doi.org/10.31961/intekna.v19i2.871