PENGARUH KUALITAS LAYANAN M-BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BRI KCP KAYU TANGI BANJARMASIN

Penulis

  • Sri Imelda Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Hikmayanti Huwaida

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v19i2.869

Kata Kunci:

Kualitas Layanan, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah

Abstrak

Tujuan Penelitian mengetahui tingkat kualitas layanan mobile banking, pengaruhnya secara simultan dan  parsial terhadap kepuasan nasabah di bank BRI Kantor Cabang Pembantu Kayu Tangi Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara simultan kualitas layanan M-Banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Secara parsial tangible dan assurance berpengaruh positif tidak signifikan, reliability dan emphaty berpengaruh positif signifikan, dan responsiveness berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pengaruh yang paling dominan adalah variabel emphaty.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Febrianta, A. and Indrawati (2016) ‘INFLUENCE OF MOBILE BANKING SERVICE QUALITY TO CUSTOMER Statistik Pengguna Mobile Banking Di Negara- Negara Asia’, in e-Proceeding of Management, pp. 2879–2885.
Kerin, Roger A., and Lau, Geok Theng,. 2013. Marketingin Asia ‘2nd edition. McGraw Hill Companies.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2014). Manajemen pemasaran, edisi kedua belas, Jakarta: indeks.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/15/PBI/2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum
Shinhan Bank. Pengertian Mobile Banking. https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking. (diakses 15-1-2019).
Supriyono, Maryanto .2010, Buku Pintar Perbankan, Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Surat Edaran No.6/18/DPNP,Perihal Penerapan Manajemen Risiko pada Aktifitas Pelayanan Jasa Bank melalui Internet Banking, Jakarta: Bank Indonesia, 2004.
Zeithaml, et al. 2002. Service Quality Delivery Through Web Sites: A Critical Review of Extant Knowledge. Academy of Marketing Science. http://citeseerx.ist.psu.edu.

Diterbitkan

26-11-2019

Cara Mengutip

Imelda, S., & Huwaida, H. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN M-BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BRI KCP KAYU TANGI BANJARMASIN. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 101–109. https://doi.org/10.31961/intekna.v19i2.869

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>