IDENTIFIKASI BANGUNAN BAGI DAN SADAP PADA SALURAN SEKUNDER ULIN 4 IRIGASI RIAM KANAN KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Adriani Muhlis Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Eka Yuliana Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Irigasi merupakan teknik dalam mengatur air yang sangat menentukan dalam keberha-silan mengairi persawahan untukĀ  pertanian sehingga perlu penataan yang baik untuk menunjang bidang pertanian. Salah satu daerah irigasi yang difungsikan adalah Daerah Irigasi Riam Kanan dengan daerah potensialnya 25.800 Ha, terletak di Kabupaten Banjar. Irigasi Riam Kanan merupakan proyek penunjang pengembangan bidang pertani-an dan pengairan di Propinsi Kalimantan Selatan, yang diharapkan dengan adanya sis-tim pengaturan air yang baik dapat memberikan pemanfaatan air dapat lebih hemat dan mudah sehingga hasil pertanian dapat meningkat.

Jaringan irigasi yang di dalamnya termasuk bangunan-bangunan pelengkap utama, yaitu bangunan bagi dan bangunan sadap pada Daerah Irigasi Riam Kanan khususnya Salur-an Sekunder Wilayah Ulin 4 (B.UL 4) sampai dengan Penggalaman 4 (B.PL. 4) sebagai sampel penelitian yang menjadi sumber identifikasi, dihasilkan rata-rata bangunan masih dalam kondisi baik, namun ada sebagian pintu seperti berkarat, banyaknya tanaman yang tumbuh di sekitar pintu, pudarnya cat pada bangunan, dan sebagainya, yang bisa mengakibatkan sulitnya pengoperasian dan mengganggu kelancaran jalannya air.

Untuk itu perlu pemeliharaan secara rutin dan ditingkatkan disertai dengan sosialisasi ter-hadap para petani agar dapat berpartisipasi dalam memelihara bangunan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Muhlis, A., & Yuliana, E. (2017). IDENTIFIKASI BANGUNAN BAGI DAN SADAP PADA SALURAN SEKUNDER ULIN 4 IRIGASI RIAM KANAN KABUPATEN BANJAR. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 12(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/84

Issue

Section

Articles