PENGARUH PERSEPSI NASABAH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) MENGENAI MANFAAT DAN KEUNGGULAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK, UNIT HANDIL BAKTI BARITO KUALA

Penulis

  • Novi Shintia Adbis poliban
  • Evi Lestari Pratiwi Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Trisylvana Azwari Pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v20i01.803

Kata Kunci:

Persepsi nasabah KUR BRI, Manfaat KUR BRI, keunggulan KUR BRI, Peningkatan pendapatan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan nasabah KUR BRI mencari tahu persepsi nasabah KUR mengenai manfaat dan keunggulan KUR BRI agar dapat menyesuaikan dengan keinginan nasabah guna memberikan kenyamanan kepada nasabah KUR BRI, dengan ini nasabah akan merasa nyaman dan senang menggunakan KUR BRI senantiasa memilih KUR BRI sebagai produk untuk penambahan modal usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan variabel independen/terikat yaitu persepsi nasabah mengenai persepsi nasabah mengenai manfaat KUR BRI (X1) dan persepsi nasabah mengenai keunggulan KUR BRI (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen/terikat yaitu peningkatan pendapatan nasabah KUR BRI Unit Handil Bakti Barito Kuala.Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel persepsi nasabah KUR BRI mengenai manfaat KUR BRI dan persepsi nasabah mengenai keunggulan KUR BRI tersebut berpengaruh terhadap pendapatan nasabah KUR BRI sebesar 24,9%. Sisanya sebesar 75,1%  di pengaruhi oleh variabel lain yang bukan termasuk dalam penelitian ini. Kedua variabel bebas yaitu variabel persepsi nasbah mengenai persepsi nasabah mengenai manfaat KUR BRI (X1) dan persepsi nasabah mengenai keunggulan KUR BRI (X2) berpengaruh secara parsial / individual terhadap peningkatan pendapatan nasabah KUR BRI Unit Handil Bakti Barito Kuala. Dan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan nasabah KUR BRI  dalam penelitian ini adalah variabel persepsi nasabah mengenai persepsi nasabah mengenai manfaat KUR BRI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dwi Nur Atin, Tika. 2018. “Pengaruh Efektivitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Peningkatan Profit Usaha Mikro (Studi Kasus Pada NASABAH Bank Rakyat Indonesia Unit Purwomartanni Kalasan Sleman Yogyakarta)”. Yogyakarta (ID). Universitas Negeri Yogyakarta.

Eryati, Rini. 2018. “Pengaruh Strategi Pemasaran Nerhadap Loyalitas nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Unit Veteran Banjarmasin”. Banjarmasin (ID). Politeknik Negeri Banjarmasin.

Fitriyanto, Eko. 2015. “Pengaruh Persepsi Pelaku Umkm Mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Modal Kerja Dan Nilai Produk Usaha Di Kabupaten Wonosobo”. Yogyakarta (ID). Universitas Negeri Yogyakarta.

Frankel, J. P & Wallen N. E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP.

Kasmir. 2015. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Kasmir. 2017. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Kusnadi. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah (Prinsip, Prosedur, danMetode). Edisi Keduapuluhsatu, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Suroto. 2000.Strategi Pembangunan dan Perencanaan Perencanaan Kesempatan Kerja. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Syamsuddin. & Damaianti, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Diterbitkan

30-05-2020

Cara Mengutip

Shintia, N., Pratiwi, E. L., & Azwari, T. (2020). PENGARUH PERSEPSI NASABAH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) MENGENAI MANFAAT DAN KEUNGGULAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK, UNIT HANDIL BAKTI BARITO KUALA. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 20(01), 28–35. https://doi.org/10.31961/intekna.v20i01.803

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama