ANALISIS RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT GRAHA PUSRI MEDIKA PALEMBANG

Authors

  • Ravena Ar Raiyan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Evada Dewata Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Periansya Periansya Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v20i01.775

Keywords:

laporan keuangan, rasio profitabilitas, kinerja keuangan

Abstract

Tujuan laporan akhir ini untuk menilai kinerja keuangan peusahaan pada PT Graha Pusri Medika Palembang dengan menggunakan analisis rasio keuangan selama periode tahun 2014-2017. Rasio keuangan yang digunakan yaitu profitabilitas. Rasio profitabilitas pada PT Graha Pusri Medika Palembang menunjukkan kinerja perusahaan yang efisien ditinjau nilai rata-rata rasio Return on Assets (ROA) karena berada di atas rata-rata industri (time series). Rasio Return on Equity (ROE) juga efisien karena berada di atas rata-rata industri (time series). Rasio Gross Profit Margin (GPM) juga efisien karena berada di atas rata-rata industri (time series). Nilai rata-rata rasio Operating Profit Margin (OPM) dibawah rata-rata industri (time series) untuk kinerja keuangan dikatakan tidak efisien. Rasio Net Profit Margin (NPM) tidak efisien karena berada di bawah rata-rata industri (time series).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewa, Yogaswara., & Sunrowiyati, Siti. 2016. Analisis Rasio Keuangan sebagai Alat Penilaian untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan pada SPBU Gedog. Riset Mahasiswa Ekonomi. Vol. 3, No. 2.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

Hapsak, H. W. P. 2018. Analisis Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi kasus pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017). Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hery. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo

Iswahyudi, Bambang., & Sari, Retno Murni. 2014. Analisis Laporan Keuangan sebagai Dasar untuk Menilai Kinerja Keuangan CV Yoecos Blitar. Riset Mahasiswa Ekonomi. Vol. 1, No. 1.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Marginingsih. 2017. Penilaian Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Analisa Rasio Keuangan pada Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia. Cakrawala. Vol. 17, No. 1.

Munawir. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Pongoh, Marsel. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3.

Prastowo D, Dwi. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Setyowati, Nor Semi. 2016. Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Aktivitas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Barata Indonesia (Persero) Cabang Tegal. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suhendro, Dedi. 2017. Analisis Profitabilitas dan Likuiditas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Siantar Top Tbk. Human Falah. Vol. 4, No. 2.

Tumiwa, Aiden., Tampi, J. R. E., & Sambul, S. A. P. 2016. Analisis Profitabilitas pada PT BFI Finance Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis.

Published

05/30/2020

How to Cite

Raiyan, R. A., Dewata, E., & Periansya, P. (2020). ANALISIS RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT GRAHA PUSRI MEDIKA PALEMBANG. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 20(01), 9–15. https://doi.org/10.31961/intekna.v20i01.775