ANALISIS RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT GRAHA PUSRI MEDIKA PALEMBANG

  • Ravena Ar Raiyan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Evada Dewata Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Periansya Periansya Politeknik Negeri Sriwijaya

Abstract

Tujuan laporan akhir ini untuk menilai kinerja keuangan peusahaan pada PT Graha Pusri Medika Palembang dengan menggunakan analisis rasio keuangan selama periode tahun 2014-2017. Rasio keuangan yang digunakan yaitu profitabilitas. Rasio profitabilitas pada PT Graha Pusri Medika Palembang menunjukkan kinerja perusahaan yang efisien ditinjau nilai rata-rata rasio Return on Assets (ROA) karena berada di atas rata-rata industri (time series). Rasio Return on Equity (ROE) juga efisien karena berada di atas rata-rata industri (time series). Rasio Gross Profit Margin (GPM) juga efisien karena berada di atas rata-rata industri (time series). Nilai rata-rata rasio Operating Profit Margin (OPM) dibawah rata-rata industri (time series) untuk kinerja keuangan dikatakan tidak efisien. Rasio Net Profit Margin (NPM) tidak efisien karena berada di bawah rata-rata industri (time series).

References

Dewa, Yogaswara., & Sunrowiyati, Siti. 2016. Analisis Rasio Keuangan sebagai Alat Penilaian untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan pada SPBU Gedog. Riset Mahasiswa Ekonomi. Vol. 3, No. 2.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

Hapsak, H. W. P. 2018. Analisis Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi kasus pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017). Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hery. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo

Iswahyudi, Bambang., & Sari, Retno Murni. 2014. Analisis Laporan Keuangan sebagai Dasar untuk Menilai Kinerja Keuangan CV Yoecos Blitar. Riset Mahasiswa Ekonomi. Vol. 1, No. 1.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Marginingsih. 2017. Penilaian Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Analisa Rasio Keuangan pada Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia. Cakrawala. Vol. 17, No. 1.

Munawir. 2012. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Pongoh, Marsel. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3.

Prastowo D, Dwi. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Setyowati, Nor Semi. 2016. Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Aktivitas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Barata Indonesia (Persero) Cabang Tegal. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suhendro, Dedi. 2017. Analisis Profitabilitas dan Likuiditas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Siantar Top Tbk. Human Falah. Vol. 4, No. 2.

Tumiwa, Aiden., Tampi, J. R. E., & Sambul, S. A. P. 2016. Analisis Profitabilitas pada PT BFI Finance Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis.
Published
2020-05-30
How to Cite
RAIYAN, Ravena Ar; DEWATA, Evada; PERIANSYA, Periansya. ANALISIS RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT GRAHA PUSRI MEDIKA PALEMBANG. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 20, n. 01, p. 9-15, may 2020. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/775>. Date accessed: 02 july 2020. doi: https://doi.org/10.31961/intekna.v20i01.775.