GREEN PRODUCT : PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, PENGETAHUAN PEMBELIAN DAN PENGETAHUAN PEMAKAIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Rusniati Rusniati Pengajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung
  • Rini Rahmawati Pengajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian secara simultan terhadap keputusan pembelian green product. Kemudian juga menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian green product, pengetahuan pembelian terhadap keputusan pembelian green product dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan pembelian green product.


Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian green product. Jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian green product. Pengetahuan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian green product. Pengetahuan pembelian berpengaruh  terhadap keputusan pembelian green product. Pengetahuan pemakaian berpengaruh terhadap keputusan pembelian green product.

References

Ahmad, Fahlis, Joyce Lapian dan Agus Supandi Soegoto, Analisis Green Product dan Green Marketing Strategy Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Manado di Manado Town Square, Jurnal EMBA, Vol.4, No.1, Maret, p. 33-44, (2016).
Aldoko, Dicky, Suharyono dan Edy Yuliyanto, Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 40, No.2 November, p.17-23, (2016).
Algifari, Analisis Regresi : Teori, Kasus dan Solusi, Edisi Kedua, Yogyakarta : BPFE, (2000).
Annisa, Fiona, Pengaruh Strategi Green Marketing Mix dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal MIX, Vol. VI, No.2, Juni, p.176-187, (2015).
Bukhari, Syeda Shazia, Green Marketing and its Impact on Consumer Behavior, European Journal of Business and Management, Vol.3, No.4, p.375-384, (2011).
Ferdinand, Augusty, Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi Kelima, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, (2014).
Fernandez, Eunike Christie Yo dan Evelyn Tjoanda, Pengaruh Green Marketing Hotel Terhadap Green Consumer Behavior, Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol.5, No.2, (2017).
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, (2013).
Handayani, Wiwik dan Rendra Abdi Prayogo, Green Consumerism : an Eco-Friendly Behaviour Form Through The Green Product Consumption and Green Marketing, SINERGI, Vol. 4, No.2, September, p.25-29, (2017).
Indriantoro, Nur, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta : BPFE Yogyakarta, (1999).
Ishaswini and Saroj Kumar Datta, Pro-environmental Concern Influencing Green Buying : A Study on Indian Consumers, International Journal of Business and Management, Vol.6, No.6, June, p.124-133, (2011).
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid 1, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta : Erlangga, (2009).
Kumar, Sanjeev, Radha Garg and Anita Makkar, Consumer Awareness and Perception Toward Green Products : A Study of Youngsters in India, International Journal of Marketing and Business Communication, Vol. 1, Issue 4, (2012).
Lestari, Reni Dwi, Diah Yulisetiarini dan Sriono, Pengaruh Green Product, Green Brand, dan Green Advertising Terhadap Keputusan Membeli Air Minum Kemasan Botol Merek AQUA Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, Artikel Ilmiah Mahasiswa, http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/64329/RENI%20DWI%20LESTARI.pdf?sequence=1, Diakses tanggal 23 Pebruari 2018, (2015).
Lin, Ru Jen, Kim Hua Tan and Yong Geng, Market Demand, Green Product Innovation, and Firm Performance : Evidence fom Vietnam Motorcycle Industry, Journal of Cleaner Production, Vol.40, February, P.101-107, (2013).
Lupiyoadi, Rambat dan Ridho Bramulya Ikhsan, Praktikum Metode Riset Bisnis, Jakarta : Salemba Empat, (2015).
Mamahit, Lailia, Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan Ades Pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol.15, No.3, September : 339-345, (2015).
Nursanti, Tinjung Desy dan Melisa, Analisis Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keterlibatan Konsumen dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Konsumen Laksmie Florist, Binus Business Review, Vol.2, No.2, Nopember, p.1077-1093. (2011).
Ottman, Jacquelyn A, The News Rules of Green Marketing : Strategies, Tools and Inspiration For Sustainable Branding, United Kingdom, Greenleaf Publishing, (2011).
Rahman, Fatur, Pamasang S. Siburian dan Gusti Noorlitaria, Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda, Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol.19, No.1, (2017).
Rajasekaran, Major R and N. Gnanapandithan, A Study on Green Product and Innovation for Sustainable Development, Global Journal of Management and Business Studie, Vol.3, No.6, pp.625-632, (2013).
Rather, Rouf Ahmad and Dr. R Rajendran, A Study on Consumer Awareness of Green Product and its Impact on Green Buying, International Journal of Research, Vol.1, No.8, p.1483-1493, (2014).
Ridwan, Muhamad, Achmad Fauzi D.H dan Aniesa Samira Bafadhal, Pengaruh Green Product, Green Advertising dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Merek ADES), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 55, No.1, Februari, (2018).
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, Ed.I, Yogyakarta : Penerbit ANDI, (2013).
Santoso, Imam dan Rengganis Fitriyani, Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen, Jur. Ilm. Kel. & Kons, Vol.9, Mei, p : 147-158, (2016).
Sekaran, Uma dan Roger Bougie, Metode Penelitian untuk Bisnis. Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Jakarta : Salemba Empat, (2017).
Septifani, Riska, Fuad Achmadi dan Imam Santoso, Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol.13, No.2, p.201-218, (2014).
Setiyaningrum, Ari, Jusuf Udaya dan Efendi, Prinsip-Prinsip Pemasaran-Pengenalan Plus Tren Terkini tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marjeting, Entrepreneurial Marketing dan E-Marketing, Ed.I, Yogyakarta : Penerbit ANDI, (2015).
Sharma, Manjeet and Manender Singh, Green Markting : Challenges and Ways to Green Your Business, International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), Vol.3, Issue 7, Juli, p.142-147, (2015).
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan :1. Kuantitatif, 2. Kualitatif, 3. Kombinasi (Mixed Methods), 4. Penelitian Tindakan (Action Research), 5. Penelitian Evaluasi, Cetakan Ke-1, Bandung : CV. Alfabeta, (2013).
Sujarweni, V. Wiratna, Metodologi Penelitian, Cetakan Pertama, Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESS, (2014).
Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Ketiga, Edisi Kedua, Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia, (2015).
Syahbandi, Implementasi Green Marketing Melalui Pendekatan Marketing Mix, Demografi dan Pengetahuan Terhadap Pilihan Konsumen (Studi The Body Shop Pontianak), Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.3, No.1, p.68-86, (2012).
Trihendradi, C, Step by Step IBM SPSS 21 : Analisis Data Statistik, Yogyakarta : Penerbit ANDI, (2013).
Umar, Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua, Jakarta : Rajawali Pers, (2013).
Utomo, Tri Hendro A. Produk Hijau Indonesia, http://www.indonesiagreenproduct.com/produk-hijau-indonesia/, Diakses tanggal 11 Pebruari 2018, (2015).
Wasik, John F, Green Marketing and Management : A Global Perspective, USA, Blackwell Publishers Inc., (1996).
Yulianti, Dwi Rizka, Deasy Wulandari dan Gusti Ayu Wulandari, Pengaruh Green Marketing dan Pengetahuan serta Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame di SPO 857 Jember, Artikel Ilmiah Mahasiswa. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63881/Dwi%20Rizka%20Yulianti.pdf?sequence=1, Diakses tanggal 4 Pebruari 2018, (2014).
Yan, Yeow Kar and Rashad Yazdanifard, The Concept of Green Marketing and Green Product Development on Consumer Buying Approach, Global Journal of Commerce and ManagementPerspective, Vol.3(2), March, pp 33-38, (2014).
https://prasetya.ub.ac.id/berita/Seminar-Nasional-Green-Product-4519-id.html. Diakses tanggal 6 Pebruari 2018.
Published
2019-05-31
How to Cite
RUSNIATI, Rusniati; RAHMAWATI, Rini. GREEN PRODUCT : PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, PENGETAHUAN PEMBELIAN DAN PENGETAHUAN PEMAKAIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 60-68, may 2019. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/727>. Date accessed: 16 june 2019.