ANALISIS PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN SELEKSI MASUK JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

  • Priyougie Priyougie Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ahsanul Haq Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sandra Iriawan Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Seleksi penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Banjarmasin dalam beberapa tahun ini dapat dibagi dalam 2 (dua) jalur yaitu : (1) Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dan (2) Penelusuran Minat Dan Kemampuan  (PMDK). Mahasiswa yang lulus dari kedua jenis jalur seleksi masuk mahasiswa tersebut akan mengalami perlakuan yang sama dalam proses pembelajaran, tidak ada kelas khusus, dan menempuh penilaian yang sama yang meliputi penilaian kehadiran, penilaian perilaku, penilaian tugas, penilaian ujian tengah semester dan penilaian ujian akhir semester untuk setiap mata kuliah yang diajarkan. Tingkat keberhasilan kedua kelompok mahasiswa tersebut dapat dilihat dari indeks prestasi (IP) yang diperoleh mahasiswa pada setiap akhir semester.


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin yang masuk pada tahun akademik 2015/2016, 2016/2017 dan 2017/2018 antara jalur UMPN dengan jalur PMDK.


Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji  statistik yaitu uji anova, dimana sebagai syarat menggunakan uji anova harus terlebih dahulu uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Test of Homogeneity of Variance dimana perhitungannya menggunakan software SPSS.


Secara keseluruhan dari hasil uji beda antara IPK mahasiswa Akuntansi Poliban yang masuk dari jalur seleksi UMPN dan yang masuk dari jalur seleksi PMDK menyatakan bahwa tidak ada perbedaan prestasi di antara keduanya atau dengan kata lain bahwa prestasi belajar mahasiswa jurusan akuntansi yang berasal dari kedua jenis jalur seleksi masuk itu prestasinya sama saja atau tidak berbeda secara nyata

References

Hamalik, O. 2008. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hapsari, Sri. 2005. Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Grasindo
Hasibuan. 2008. Proses Belajar Mengajar, Rosda karya : Yogyakarta.
Hastono, SP. 2001. Analisis Data. Jakarta: FKM-UI
Immaculata Herawati dan Yuli Widiastuti.2012. Analisis Faktor-faktor Yang Mempenga-ruhi Prestasi Belajar Akuntansi. Skripsi. Malang : Universitas Negeri Malang.
Lodang, Hamka. 2010. Perbandingan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Biologi JalurPMJK/PMDK dengan SPMB. ISSN: 1411 – 4720 .Vol.11 (1).
Mutianary, Jehan, dkk. 2013. Penerapan Two Way Manova Dalam Melihat Perbedaan Studi dan Indeks Prestasi Mahasiswa Reguler 2009 Berdasarkan Jalur Masuk dan Aktivitas Mahasiswa FKM USU Tahun 2013. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara
Nazir, Moh., 1983, Metode Penelitian, Garuda Indonesia, Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Santoso, S, 2001, Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Santrosk, J,W, 1995, Aplikasi Kognitif dalam pendidikan, Edisi V, ERLANGGA, Jakarta
Sugiyono,1999, Metode Penelitian Bisnis, Edisi Pertama ALFABETA, Bandung, 72-83, 135-163.
Sudjana. dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sudijono, A., 2006, Pengantar Statistik Pendidikan , Raja Grafindo Persada, Jakarta, Hal 273-327.
Usman.2015. Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Fisika Dasar Mahasiswa Berda-sarkan Jalur Penerimaan Mahasiswa Di Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jurnal sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 1
Yenni Claudya dkk. 2017. Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Jalur Seleksi Masuk Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala. Jurnal Unsyiah.
----------------, Buku Pedoman Akademik Poliban TA 2017/2018
Published
2019-05-30
How to Cite
PRIYOUGIE, Priyougie; HAQ, Ahsanul; IRIAWAN, Sandra. ANALISIS PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN SELEKSI MASUK JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 53-59, may 2019. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/726>. Date accessed: 16 june 2019.