ANALISA REGRESI SPASIAL UNTUK DETEKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN KINERJA KOPERASI SYARIAH DI KOTA BANJARMASIN

  • Lusiana Handayani Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Dewi Nur Indah Sari Pengajar Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kondisi dan pengaruh wilayah Kota Banjarmasin terhadap tingkat keberhasilan kinerja koperasi syariah dan menjelaskan faktor-faktor seperti sumber daya manusia, modal, sistem dan peralatan yang mempengaruhi tingkat keberhasilan kinerja koperasi syariah di Banjarmasin. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis permodelan regresi yaitu Regresi Terboboti Geografis atau Geographically Weighted Regression (GWR).


Pertumbuhan koperasi syariah di Banjarmasin tampaknya meningkat dari segi kuantitas tetapi tidak diikuti oleh kualitas karena koperasi syariah dengan status tidak aktif juga meningkat. Padahal koperasi syariah memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, hanya ada 13 koperasi syariah yang melayani 3.922.790 muslim di Banjarmasin dan sayangnya lokasi koperasi tidak tersebar merata di seluruh kabupaten.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan bahwa dari sudut pandang daerah ada dua variabel yang mempengaruhi keberhasilan koperasi syariah, yaitu wilayah masing-masing kabupaten dan penduduk muslim di setiap kabupaten

References

Aji. Gunawan. 2011. Faktor-Fator Yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi Pondok Pesantren. Walisongo, Volume 19, Nomor 1.
Antonio, Muhammad Syafii. 2011. Islamic Microfinance Initiatives to Enhance Small and Medium Enterprises in Indonesia. Journal of Indonesian Islam, Volume 05, Number 02.
Arisanti. Restu, 2011, Model regresi Spasial untuk Deteksi Faktor-Faktor Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur, Tesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Badan Pusat Statistik. 2010. Sensus Penduduk 2010. BPS Indonesia.
Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan. 2015. Kalimantan Selatan Dalam Angka 2015. BPS Kalsel. Banjarmasin.
Buchori, Nur S. 2009. Koperasi Syariah. Sidoarjo: Mashun Kelompok Masmedia Buana Pustaka.
Fadillah, Rizky. 2016. Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Syariah di Kota Banjarmasin (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah Dakwah dan Koperasi Syariah Amanah Dana Insani). Skripsi. Politeknik Negeri Banjarmasin.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, Ahmadi. 2014. Prospek Pengembangan Ekonomi Syariah di Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan. Ahkam, XIV(2), 225-232.
Hendar. 2010. Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta: Erlangga.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPEE.
Maulani. Atiya, 2013, Efektivitas Penggunaan Thoriqoh Mubasyiroh terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab, Universitas Pendidikan Indonesia.
Muis, Abdul. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Koperasi. Jurnal Madani Edisi II.
Safitri, 2016. Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Kesuksesan Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.
Sekaran, Umar. 2006. Research Methods for Business, Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.
Wardani, Adrianti Tri dan Kirwani, 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Di Kopma UNESA. Jurnal Mahasiswa UNESA.
Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Kinerja Koperasi Syariah Di Indonesia Sangat Baik. http://www.depkop.go.id/content/read/kinerja-koperasi-syariah-di-indonesia-sangat-baik/. Diakses tanggal 2 Juni 2017.
Published
2019-05-30
How to Cite
HANDAYANI, Lusiana; SARI, Dewi Nur Indah. ANALISA REGRESI SPASIAL UNTUK DETEKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN KINERJA KOPERASI SYARIAH DI KOTA BANJARMASIN. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 46-52, may 2019. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/725>. Date accessed: 16 june 2019.