Account Representative “Dua Kaki Yang Berdiri Di Dua Perahu” Dalam Rangka Pencapaian Target Penerimaan Pajak Tahun 2018 (Studi Kasus Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara)

  • Noor Safrina Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Julkawait Julkawait Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nurul Qalbiah Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk dapat meningkatkan penerimaan Negara adalah dengan memaksimalkan penerimaan yang berasal dari pajak. Untuk itu, Menteri Keuangan membuat peraturan-peraturan perpajakan yang salah satunya adalah dengan membuat account representative pada kantor pelayanan pajak. Account representative tersebut diharapkan dapat membantu program intensifikasi-ekstensifikasi perpajakan yang sedang dilaksanakan oleh Dirjen Pajak.


Tujuan penelitian ini yang merupakan evaluasi atau penilaian terhadap  pelaksanaan tugas Account Representative sebagai salah satu bentuk reformasi perpajakan dalam rangka pencapaian target penerimaan pajak tahun 2018 (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara).


Hasil evaluasi penelitian ini adalah Direktorat Jenderal Pajak terus berupaya meningkatkan reformasi menuju pelayanan dan pengawasan pajak yang prima. Untuk itulah Direktorat Jenderal Pajak menggerakkan Account Representative (AR) profesional menjadi salah satu cara yang saat ini paling efektif untuk dikembangkan. AR merupakan mitra penghubung antara Ditjen Pajak dengan wajib pajak. Semenjak didampingi AR, Wajib Pajak merasa mudah dalam menyelesaikan pembayaran berbagai jenis pajak. Untuk itulah, Ditjen Pajak nantinya akan menyediakan seorang AR bagi setiap Wajib Pajak. Harapannya, keberadaan AR dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan wajib pajak terhadap kinerja salah satu lembaga pemerintah ini, dalam rangka  pencapaian target penerimaan pajak secara optimal.

References

Alam, Dian Nur Sakinah. 2015. Pengaruh Profesionalisme Account Representative Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Terhadap WP OP KPP Pratama Sumedang). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama. Bandung.
Anggraini, Rima Ayu. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Tugas Account Representative Dalam Sistem Modernisasi Perpajakan Kantor Pelayanan Pajak Prtama (Studi Kasus di KPP Jakarta Pasar Rebo). Skripsi. Program Studi Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Basalamah. Anies Said, Jefry Harysandy, Adi Budiarso dan Taufikurrahman. 2016. Pemisahan AR untuk Pelayanan dan Penerimaan Pajak yang Lebih Baik. Kajian Ekonomi dan Keuangan. http://fiskal.depkeu.go.id/ejournal.
Davina, Delia. 2015. Hubungan Antara Kinerja AR dengan Penerimaan Pajak. http://kompasiana.com/davina16/
Fadhilah, M.F. Sudjana, N. Nuzula, N.F. 2014. Pengaruh Reformasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kinerja Fiskus (Studi pada Fiskus/Pegawai Pajak KPP Pratama Batu).
Fatkhul, Afiif. A.2017. Reformasi Administrasi Perpajakan di Kanwil DJP DI Yogyakarta. Ringkasan Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hapsari, Dini Wahyu. 2012. Penerapan Account Representative Terhadap Kegiatan Intensifikasi Perpajakan pada Kantor Pelayana Pajak Pratama. Dosen Jurusan Akuntansi-Politeknik Pos Indonesia. Bandung
Irawadi, Ramos. 2014. Menakar Keberhasilan Reformasi Birokrasi Menuju Modernisasi Direktorat Jenderal Pajak Untuk Mewujudkan Indonesia Mandiri.
Irawan, Rahmawati. Arja Sadjiarto. 2013. "Pengaruh Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Tarakan". Tax and Accounting. Review. Volume 3 No.2
Irianto, E.S. 2013. Komunikasi Politik Pajak dalam Memperkuat Kelembagaan Perpajakan. Kakanwil DJP Jawa Tengah I.
Ivan. 2015. Reformasi Administrasi Perpajakan.
Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.587/KMK.01/2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak.
Komalasari, Puput Tri dan Moh. Nasih. 2005. Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak dan Tarif Pajak: Uji Pengaruh Karakteristik Pendapatan. Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.
Maghfirah, Lia. 2015. Pengaruh Layanan e Filling dan Perana Account Representative terhadap Tingkat Kepatuhan Penyampaian SPT Tahunan PPh WP OP pada KPP Pratama Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.
Oktaviani, RM. Nurhayati. 2017. 2017. Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dengan Niat Sebagai Pemediasi dari Perspektif Planned Behavior Theory. Prosiding FEB Untag. Semarang
Paradias, Kristina Br. Tampubolon, Dudi Pratomo. 2015. Pengaruh Account Representative dan Pengetahuan Wajib Pajak Badan Terhadap Kepatuhan WP Badan (Studi pada KPP Pratama Bandung Karees). Artikel.Prodi S1 Akuntansi. FEB Universitas Telkom. Bandung.
Pasaribu, M. 2017. Pengertian dan Fungsi Pajak Menurut Undang-Undang.
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 68/PMK.01/2008 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 98/KMK.01/2006 tentang Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak yang Telah Mengimplementasikan Organisasi Modern.
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 62/PMK.01/2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak
Putri, S. 2014.Pengaruh Kinerja Account Representative dan Pemahaman Akuntansi Pajak Oleh Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. http://repository.unair.ac.id/5517
Puspasari, I.D, Puspita E., Paramitha, D.A., 2014. Account Representative Sebagai Jembatan Kepatuhan Wajib Pajak (?). Jurnal Jibeka Vol. 11 No. 1 Agustus 2017.
Purnomo, Junaedi. 2015. Optimalisasi Pelayanan dan Penerimaan Pajak oleh Account Representative. www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/167.
Prastowo, J. 2017. Modernisasi Administrasi Perpajakan : Upaya Penyempurnaan Pelayanan Pajak (I). CITA ( Centre for Indonesia Taxation Analysis).
Rachmawati, An'nisa Dwi. Djamhur Hamid. Maria Goretti Endang. 2014. Pengaruh Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada KPP Pratama Kepanjen). Program Studi Perpajakan. Jurusan Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang.
Setiawan, Fransiskus Xaverius Herry. 2018. Harapan dan Mimpi Besar Reformasi Perpajakan Indonesia. Artikel. www.pajak.go.id/articel.
Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak Nomor SE-26/PJ-/2007 tentang Pemanfaatan Data Perpajakan (OPDP).
Ulansari, Selvi. 2014. Pengaruh Kinerja Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada KPP Madya Palembang). Politeknik Negeri Sriwijaya
Wahdi, Kurnia. 2018. Evaluasi Kinerja Account Representative pada KPP Pratama Makasar Utara. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Business. Vol 2 No. 2. ISSN 2550-0783. Universitas Muslim Indonesia. Makassar
Wijaya, Erikson. 2017. Kinerja Account Representative (AR). punditax.com/kinerja.account.representative-ar/
Published
2018-11-12
How to Cite
SAFRINA, Noor; JULKAWAIT, Julkawait; QALBIAH, Nurul. Account Representative “Dua Kaki Yang Berdiri Di Dua Perahu” Dalam Rangka Pencapaian Target Penerimaan Pajak Tahun 2018 (Studi Kasus Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 118-131, nov. 2018. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/691>. Date accessed: 19 oct. 2019.