Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin

  • Hikmayanti Huwaida Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rofi’i Rofi’i Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sri Imelda Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan  pendidikan, kepuasan mahasiswa, dan pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda.Secara simultan terbukti bahwa terdapat pengaruh dimensi kualitas pelayanan pendidikan yang terdiri dari aspek tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Dengan nilai F hitung = 33,989 dan tingkat signifikansi 0,000. Secara parsial aspek tangibles (x1), reliability (x2), responsiveness (x3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. sedangkan aspek assurance (x4), dan empathy (x5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.

References

Ary, Maxsi. 2014. “Identifikasi Perilaku Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Analisis Faktor.” Jurnal Paradigma XVI(1):8–16.
Ary, Maxsi. 2014. “Identifikasi Perilaku Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Analisis Faktor.” Jurnal Paradigma XVI(1):8–16.
Azan, Khairul, Danny Meirawan, and Cicih Sutarsih. 2015. “Mutu Layanan Akademik.” Jurnal Administrasi Pendidikan 22(1):190–203.
Bangun, Apriani, Rosnani Ginting, and Ukurta Tarigan. 2013. “Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Dengan Menggunakan Quality Function Deployment.” E-Jurnal Teknik Industri FT USU 3(1):47–51.
Basir Paly. 2014. “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Proses Belajar Mengajar (Pbm) Dosen.” Jurnal Al Hikmah XV(2):250–62.
Dirgantari, Puspo Dewi. 2012. “Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri Menuju World Class University (Studi Pada Mahasiswa Asing Di ITB, UNPAD, Dan UPI).” 1–25.
Fita, Aris et al. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Bkk Pendidikan Akuntansi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.” Jupe UNS 2(3):211–23.
Hasibuan, Chalis Fajri and Sutrisno. 2017. “Identifikasi Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Denganmenggunakan Servqualdi Fakultas Teknik Universitas X.” Spektrum Industri 15(1):19–26.
Husnayetti. 2012. “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Liquidity 1(2):115–24.
Irsutami. 2008. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Belajar Mengajar Program Magister Akuntansi Terapan.”
Muktaruddin, Nadiya, and Suryani Murad. 2017. “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Jasa Pendidikan Pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh.” Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh (JIMMA) 7(1):13–26.
Nasukah, Binti. 2014. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Atas Kualitas Pelayanan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (Studi Kasus Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nismawati. 2016. “Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar.” Uin Alauddin Makassar.
Rustami, Nenden Anggi, Nuraed, and Taufani Chusnul Kurniatun. 2013. “Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Pendidkan Indonesia.” Jurnal ADPEND 42–52.
S, Dian Cahyawati, Sugandi Yahdin, and Yulia Puspitasari. 2013. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Tugas Akhir Di Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya.” Pp. 127–30 in Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Lampung: FMIPA UNILA.
Setiarini, Asri, Saiful Ghozi, and Ida Suriana. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Politeknik Negeri Balikpapan Politeknik Negeri Balikpapan ? 2 . Bagaimana Pengaruh Variabel Reliability Politeknik Negeri Balikpapan ? 3 . Bagaimana Pengaruh Variabel Tangibles P.” Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1(1):77–84.
Setiawati, Tati. 2009. “Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Dosen (Studi Kasus Di FPTK UPI).” Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner 1(1):1–5.
Soenaryo, J. 2015. “Analisis Pengaruh Responsiveness , Reliability , Assurance , Emphaty , Dan Tangible Agen Pt Aj Sequislife Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cabang Surabaya - Trusty.” AGORA 3(1):23–28.
Widodo, Hendro. 2013. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” 1–15
Published
2018-11-12
How to Cite
HUWAIDA, Hikmayanti; ROFI’I, Rofi’i; IMELDA, Sri. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 100-110, nov. 2018. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/689>. Date accessed: 18 aug. 2019.