Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Nilai Pelanggan Dan Customer Relationship Marketing

  • Ratna Ekawati Program Studi Manajemen STIE STEMBI
  • Winda Winarti Program Studi Manajemen STIE STEMBI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh nilai pelanggan dan customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan secara simultan, (2) pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial, dan (3) pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan secara parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metoda penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif / verifikatif. Populasinya adalah pelanggan bisnis PT. Deanstey Modish Raya Bandung dengan sampel yang disurvey adalah sebanyak 112 responden. Survey memanfaatkan google form  untuk penyebaran dan pengisian kuisioner. Pengujian data : pengujian validitas, pengujian reliabilitas, dan pengujian asumsi klasik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi, dalam operasionalnya pengolahan data menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) nilai pelanggan dan customer relationship marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 51,5% dan sisanya 48,5% dipengaruhi oleh hal lain diluar penelitian ini, (2) nilai pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) customer relationship marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi PT. Deanstey Modish Raya Bandung dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis.

References

Barnard, Malcolm, 2011, Fashion sebagai Komunikasi: Cara mengkomunikasikan Identitas sosial, Seksual, Kelas, dan Gender, Yogyakarta : Jalasutra.
Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing : Inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk lutut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Cravens, dan Piercy.2009. Strategic Marketing. Mc Graw hill
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Bandung: Erlangga
Kotler, Philip, dan Armstrong, Gary. 2005. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 11 Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga.
Monika, Dinda Mediana, 2010. “Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Hubungan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BRI Cabang Pattimura Semarang)”, Semarang: Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro
Palilati. Maret 2007. “Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan”, Volume 9 No.1, http://www.petra.ac.id/puslit/journals/dir.php?DepartementID=MAN
Schiffman dan Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.
Sitorus, Jeffer Hawer, 2001, Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kemampuan Mempertahankan Pelanggan dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan, Tesis, Semarang, Universitas Diponegoro
Susilo, Candra Adi, 2009, Analisis Pengaruh Citra, Nilai, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan, Tesis, Semarang, Universitas Diponegoro
Tandjung, W. 2004. Marketing Management Pendekatan pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang : Banyumedia.
Yazid. 2008. Pemasaran Jasa dan Konsep Implementasi. Cetakan keempat Yogyakarta: Ekosia Kampus Fakultas Ekonomi UI
Published
2018-11-12
How to Cite
EKAWATI, Ratna; WINARTI, Winda. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Nilai Pelanggan Dan Customer Relationship Marketing. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 92-99, nov. 2018. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/688>. Date accessed: 18 aug. 2019.