PELAKSANAAN RETRIBUSI PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI KASUS PADA PASAR KURIPAN BARU KOTA BANJARMASIN KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR)

Authors

  • Novi Shintia Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Yaitu penelitian yang menganalisis permasalahan dengan mengumpulkan data, fakta, dan informasi serta memahami fenomena-fenomena yang terjadi kemudian mendes-kripsikannya. Informan kunci terdiri Kepala Dinas Pendapatan Pasar, Kepala Dinas Pe-ngelolaan Pasar, Kepala UPTD Pasar Sektor II, Petugas Pemungut, dan para peda-gang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur pemungutan retribusi pasar di Pasar Kuripan Baru secara umum dinilai sudah sesuai antara keinginan dan ha-rapan khususnya dari wajib retribusi pasar yaitu berdasarkan peraturan daerah yang ber-laku dimana para pedagang menyetorkan tagihannya setiap hari dan setiap bulan de-ngan sistem jemput langsung dari petugas pemungut. Maksud dan tujuan dari pemu-ngutan retribusi adalah untuk meningkatkan pelayanan dan ketertiban terhadap para pe-dagang dan konsumen sebagai salah satu sumber penerimaan pendapatan asli daerah yang kontribusinya cukup diandalkan. Sebagai salah satu dari Pendapatan Asli Daerah, retribusi pasar telah memberikan sumbangan terhadap pembiayaan pembangunan di Ko-ta Banjarmasin. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pemungutan retribusi pasar ada-lah pedagang yang sering menunggak, tidak adanya fasilitas pendukung bagi petugas pemungut, kurangnya petugas dari UPTD Pasar dan ketidakcakapan petugas dalam ber-interaksi dengan pedagang. Oleh karena itu agar pelaksanaan dalam pemungutan re-tribusi pasar dapat berjalan lancar disarankan agar Dinas Pengelolaan Pasar Kota Ban-jarmasin melakukan penambahan anggota di dalam UPTD Pasar agar dalam melakukan pemungutan oleh petugas yang sah, serta melakukan penanganan khusus untuk pe-mungutan retribusi pasar bagi pedagang yang tidak mempunyai tempat permanen, se-hingga dapat menghindari terhambatnya peningkatan kontribusi retribusi pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Shintia, N. (2015). PELAKSANAAN RETRIBUSI PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI KASUS PADA PASAR KURIPAN BARU KOTA BANJARMASIN KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 11(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/60

Issue

Section

Articles