Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Kuliner Melalui Inovasi Produk Dan Inovasi Proses

Penulis

  • Hartelina Hartelina Dosen Program Studi Manajemen- Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31961/intekna.v18i1.554

Kata Kunci:

Inovasi produk, Inovasi proses, Loyalitas pelanggan

Abstrak

Bisnis kuliner mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tingkat persainganpun terjadi semakin ketat. Para pelaku bisnis kuliner berusaha untuk melakukan inovasi baik inovasi produk maupun inovasi proses untuk memastikan bisnisnya mampu bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh inovasi produk dan inovasi proses terhadap loyalitas pelanggan café dan restoran di Kota Bandung. Desain/Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan verifikatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner dengan respondennya adalah pelanggan café dan restoran. Data dianalisis dengan menggunakan multiple regression. Temuan penelitian mampu membuktikan bahwa secara empiris, inovasi produk dan inovasi proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Begitu juga secara simultan, keduanya merupakan determinan yang signifikan. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, sudah sewajarnya perusahaan café dan restoran menaruh perhatian besar pada upaya-upaya inovasi produk dan inovasi proses, guna meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu perlu juga dikaji variable lain yang turut menentukan peningkatan loyalitas pelanggan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asri Laksmi.2011. Budaya Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Avanti Fontana. 2011. Innovate we can. Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai Individu, Organisasi, Masyarakat. Cetakan ketiga, Jakarta : Cipta Inovasi Sejahtera.
Carmen. Martti & Maria. 2009. Innovation and performance in SME furniture industries. An international comparative case study. Marketing Intelligence & Planning, vol. 27, no. 2, 
pp. 216-232.
Cooper, C. R., & Schindler, P. S. (2008). Business research methods (10 ed.). Boston: McGraw-Hill.
Cozzarin, B. (2004), “Innovation quality and manufacturing firms’ performance in Canada”, Economics of Innovation and New Technology, Vol. 13 No. 3, pp. 199-216.
Damodar N. Gujarati, 2003 “Basic Econometrics” fourth edition McGraw-Hill, New York.
Dermawan Wibisono. 2011. Manajemen Kinerja Korporasi Dan Organisasi. Panduan Penyusunan Indikator. Penerbit Erlangga.
Eddi suprayitno, 2009, pengaruh orientasi pasar dan kapabilitas inovasi dalam meningkatkan nilai pelanggan serta dampaknya terhadap keunggulan bersaing.
Hartelina. 2010. Orientasi Pasar Dan Inovasi Organisasi Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Serta Implikasinya Pada Profitabilitas, Universitas Padjajaran. Bandung.
Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Penerbit Universitas Diponogoro.
Lena Ellitan & Lina Anatan. 2009. Manajemen Inovasi. Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia. Bandung : Alfabeta.
Murat Ar & Baki. 2011. Antecedents and performance impacts of product versus process innovation. Empirical evidence from SMEs located in Turkish science and technology parks. European Journal of Innovation Management
Vol. 14 No. 2, pp. 172-206.
Nguyen. 2011. The WTO, marketing and innovativeness capabilities of Vietnamese firms. Management Research Review
Vol. 34 No. 6, 2011
pp. 712-726.
Pabundu Tika. 2005. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Singgih Santoso 2002, “Mengolah Data Statistik Secara Profesional” PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan ke-tujuh. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Tessa, Jacques, Morgan, Crawford. 2003. "Determinants of innovation in small food firms". European Journal of Innovation Management, Vol. 6 Iss: 1 pp. 8 – 17.
Titi laras. 2012. Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (survei pada industri kreatif di kota Bandung), Universitas Padjadjaran. Bandung.
M.L. Santos-Vijande, L.I. A ́lvarez-Gonza ́lez. 2007. Innovativeness and organizational innovation in total quality oriented firms: The moderating role of market turbulence

Diterbitkan

10-05-2018

Cara Mengutip

Hartelina, H. (2018). Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis Kuliner Melalui Inovasi Produk Dan Inovasi Proses. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 18(1), 60–66. https://doi.org/10.31961/intekna.v18i1.554