HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KOMITMEN DOSEN POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Penulis

  • Herlinawati Herlinawati

Kata Kunci:

Kecerdasan emosional, Kecerdasan spiritual, Komitmen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan komitmen dosen. Penelitian ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Banjarmasin dengan sampel sebanyak 123 orang diambil secara acak proporsional dari 175 orang dosen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Skala yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan komitmen adalah skala likert. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik korelasi product-momen dari Person. Dari hasil analisis,dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan komitmen dengan koefisien korelasi sebesar 0,400; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dan komitmen dengan koefisien korelasi sebesar 0,584 (3); ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan komitmen dengan koefisien korelasi sebesar 0,358.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Arga Wijaya, Jakarta, (2001)
Cooper, Robert K, dan Ayman Sawaf, Executive EQ. Orion Business Books, New York,(1996)
Goleman, Daniel, Emotional Intellegence: Kecerdasan Emosional, Terjemahan T. Hermaya, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, (1996)
Paton, Pattricia, Kecerdasan Emosional (Pelayanan Sepenuh Hati), Terj. Hermes, Pustaka Delapratasa, Jakarta, (2000)
Sudjana, Teknik Analisis Regresi Korelasi,Tarsito, Bandung, (1992)
Sugihastuti, Bahasa Laporan Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, (2000).
Weisinger, Hendrie D., dan SusanWilliams, Emotional Intellegence at Work, The Untapped Edge for Success, (1999)
Winarno, A., dan Tri Saksono, Kecerdasan Emosional, LAN, Jakarta, (2001)
Zohar, Danah, dan Ia Marshal, SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan,Terjemahan Rahman Astuti, dkk., Mizan Pustaka, Bandung, (2000)

Diterbitkan

30-11-2009

Cara Mengutip

Herlinawati, H. (2009). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KOMITMEN DOSEN POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 9(2), 126–131. Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/535