Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Aplikasi Beban Rendah (600 W)

  • Rahmat Hidayat
  • Zuraidah Zuraidah
  • Jazuli Fadil
  • Muhammad Firdaus
  • Muhammad Mursalin
  • Muhammad Ridwan
  • Muhammad Rizki

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai jenis sumber daya energi dalam jumlah yang cukup melimpah. Letak Indonesia berada pada daerah khatulistiwa, maka wilayah Indonesia akan disinari matahari selama 10 sampai dengan 12 jam dalam sehari. Data ditjen listrik dan pengembangan energi pada tahun 1997, kapasitas listrik tenaga surya diindonesia terpasang mencapai 0,88 MW dari potensi yang tersedia 1,2 × 109 MW.


Energi surya melalui konversi dimanfaatkan menjadi energi listrik yang diperoleh dengan sistem fotovoltaik (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) pembangkit listrik tenaga surya diarahkan agar dapat dimamfaatkan oleh para pemakai didaerah terpencil yang tidak mungkin dijangkau oleh jaringan PLN.

References

Bodiono, Chayun, 2001. Tentang dan Perluasan Usaha Pengembangan Sistem Energi Fotovoltaik di Indonesia, Seminar Nasional Sel Surya dan Workshop, Surabaya.
Manan, S., 2009. Energi Matahari Sumber Energi Alternatif yang Efisiensi Handal dan Ramah Lingkungan di Indonesia, Program Diploma III Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponogoro, Semarang.
Nuay, Villary, 2009. THOIPHENE Linked Porphirin Dervatives for Dye Sensitized SolarCell, Bull, Korean.
Dewi Hartati, Rini Anita Sari, 2015. Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tipe Turbin Twisted Blade Savonius Vertical Axis Hybrid dengan Sel Surya. Tugas Akhir, Politeknik Negeri Banjarmasin, Banjarmasin.
M. Awal Romadhon, Jurnal Penyusun PLTS dengan 2 Beban ( Lampu AC dan Lampu DC), Politeknik Negeri Jember.
Anwar Ilmar Ramadhanl, Jurnal Analisis Desain Sistem Pembangkit Tenaga Surya Kapasitas 50 WP, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah, Jakarta.
Published
2017-05-31
How to Cite
HIDAYAT, Rahmat et al. Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Aplikasi Beban Rendah (600 W). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 29-36, may 2017. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/490>. Date accessed: 30 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/intekna.v17i1.490.