Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pns Pada Poliktenik Negeti Banjarmasin.

  • Novi Shintia Politeknik Negeri Banjarmasin Jurusan Adm.Bisnis
  • Rachmiyati Rachmiyati Politeknik Negeri Banjarmasin Jurusan Adm.Bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja PNS di Politeknik Negeri Banjarmasin, (2) Mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja PNS di Politeknik Negeri Banjarmasin, (3) Mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja PNS di Politeknik Negeri Banjarmasin, (4) Mengetahui pengaruh secara simultan gaya kepemimpinan, komunikasi, dan  motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja PNS di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Populasi adalah seluruh dosen dan tenaga administrasi pada Politeknik Negeri Banjarmasin dengan jumlah 312 orang, penarikan sampel penelitian menggunakan teknik sampling berimbang (proportional sampling), dimana penunjukkan ini disesuaikan dengan jumlah anggota tiap-tiap kelompok yang lebih besar. Teknik analisis data menggunakan korelasi dan regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya Kepemimpinan Direktur terhadap kinerja PNS Politeknik Negeri Banjarmasin didapat 0,871 dengan signifikansi sig. =  0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan gaya kepemimpinan direktur berpengaruh signifikan terhadap kinerja PNS Politeknik Negeri Banjarmasin, (2) Variabel komunikasi terhadap kinerja PNS Politeknik Negeri Banjarmasin didapat 0,908 dengan signifikansi Sig.- 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan variabel komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja PNS Politeknik Negeri Banjarmasin, (3) Variabel motivasi kerja terhadap kinerja PNS Politeknik Negeri Banjarmasin didapat 0,917 dengan signifikansi Sig.- 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan variabel motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja PNS Politeknik Negeri Banjarmasin, dan (4) Dari tabel ANOVA diperoleh F = 307.000 dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepimpinan direktur, komunikasi, dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja PNS Politeknik Negeri Banjarmasin.

 

Published
2016-11-01
How to Cite
SHINTIA, Novi; RACHMIYATI, Rachmiyati. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pns Pada Poliktenik Negeti Banjarmasin.. INTEKNA, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 184-200, nov. 2016. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/362>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles