Analisis Pengukuran Performa Layanan Pendidikan Dengan Metode Eduqual Berdasarkan Perbedaan Ekspektasi Dan

  • Isna Wardiah
  • Yoenie Indrasary

Abstract

Meningkatnya jumlah perguruan tinggi (PT) menyebabkan persaingannya semakin ketat. Kualitas layanan pendidikan merupakan daya jual utama, sehingga setiap PT berlomba untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas demi konsumennya (mahasiswa). Salah satu cara mengetahui performa layanan pendidikan adalah dengan membandingkan Ekspektasi dan Persepsi mahasiswa mengenai layanan pendidikan berdasarkan dimensi EDUQUAL

Objek dalam penelitian ini adalah Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan ekspektasi dengan persepsi mahasiswa terhadap layanan pendidikan ditinjau dari dimensi EDUQUAL; (2) Bagaimana kontribusi kualitas layanan pendidikan terhadap loyalitas mahasiswa; (3) Bagaimana kontribusi kualitas layanan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa.

Data dikumpulkan dengan kuesioner, dianalisis dengan: (1) Analisis deskriptif, untuk mengetahui gambaran Ekspektasi, Persepsi, Loyalitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa; (2) Analisis Komparatif, untuk mengetahui perbedaan antara ekspektasi dan persepsi dengan uji t, sekaligus untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pendidikan melalui analisa gap; (3) Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui hubungan antara Kualitas Layanan (X) dengan Motivasi Belajar (Y1) dan  antara Kualitas Layanan (X) dengan Motivasi Belajar (Y2), serta (4) analisis Importance and Performance Matriks untuk mengetahui bagaimana gambaran kualitas pelayanan pendidikan di Poliban.

Hasil penelitian menunjukkan ada kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi mahasiswa tentang pelayanan pendidikan di Poliban, dari kesenjangan ini diukur bahwa kualitas layanan pendidikan secara umum berada pada kualifikasi “Sedang”. Setelah dilakukan analisa regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Kualitas Layanan pendidikan memiliki kontribusi terhadap Loyalitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa

Published
2016-11-01
How to Cite
WARDIAH, Isna; INDRASARY, Yoenie. Analisis Pengukuran Performa Layanan Pendidikan Dengan Metode Eduqual Berdasarkan Perbedaan Ekspektasi Dan. INTEKNA, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 120-129, nov. 2016. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/345>. Date accessed: 17 nov. 2017.
Section
Articles