ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO SPORTY DI BANJARMASIN (Studi Terhadap Konsumen PT Roda Surya Adimas Banjarmasin)

  • Novi Shintia Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Yamaha Mio Sporty merupakan suatu produk sepeda motor yang sistem kerjanya auto-matic sehingga memungkinkan berbagai lapisan masyarakat dapat menjangkau produk tersebut dengan mudah. Agar dapat lebih meningkatkan penjualan sepeda motor Ya-maha Mio Sporty, perusahaan perlu memuaskan konsumennya dengan berbagai strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan teknik Importance-Performance Analysis yaitu membandingkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dengan masing-masing variabel yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 26 variabel yang diteliti, terdapat satu variabel yaitu tersedianya part variasi yang menunjukkan kinerja cukup baik sehingga memenuhi harapan konsumen sebesar 94 %.Semua variabel yang ada dibagi menjadi 4 kuadran didalam Diagram Kartesius. Tarikan mesin pada sepeda motor, penghematan terhadap pemakaian BBM, kestabilan sepeda motor pada jalan tidak rata, kemampuan sepeda motor melewati tanjakan, daya tahan mesin, daya tahan rangka/sasis, harga beli yang ditawarkan, harga jual kembali, dan desain lampu berada pada kuadran A sebab memiliki kinerja yang masih rendah. serta tersedianya part variasi terdapat di kuadran B disebabkan bahwa variabel yang ada di kuadran B ini menunjukkan kinerja yang sangat baik dan dianggap penting. Sedangkan di kuadran C tidak terdapat variabel-variabel dikarenakan bahwa variabel tersebut kurang penting pengaruhnya bagi konsumen se-peda motor Yamaha Mio Sporty sehingga pengaruhnya biasa-biasa saja.Variabel-varia-bel yang termasuk dalam kuadran D hanya terdapat variabel desain knalpot, walaupun dianggap kurang penting oleh konsumen namun variabel ini menunjukkan kinerja yang sangat baik sehingga dianggap oleh konsumen sangat berlebihan dan cukup memuaskan
How to Cite
SHINTIA, Novi. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO SPORTY DI BANJARMASIN (Studi Terhadap Konsumen PT Roda Surya Adimas Banjarmasin). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga, [S.l.], v. 10, n. 2, mar. 2016. ISSN 2443-1060. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/254>. Date accessed: 31 mar. 2020.
Section
Articles