APLIKASI MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007 DALAM PERHITUNGAN CBR DESAIN UNTUK DESAIN PERKERASAN JALAN LENTUR DAN KAKU

Penulis

  • Ruspiansyah . Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Johansyah .
  • Ardi Wiliyanto

Abstrak

Dalam desain perkerasan jalan, ada beberapa parameter yang harus diketahui, salah sa-tunya adalah nilai CBR desain. Nilai CBR desain merupakan nilai CBR yang mewakili ru-as jalan yang akan didesain perkerasannya, dimana nilainya dihitung berdasarkan nilai-nilai CBR yang diperoleh dari hasil pengukuran sepanjang jalan tersebut.

Perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Access 2007 yang dipro-gram dengan Visual Basic Application (VBA) yang telah terintegrasi di dalamnya.

Berdasarkan uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Access 2007 sebagai salah satu Sistem Manajemen Basis Data dapat digunakan untuk membuat perangkat lunak yang dapat mengelola data CBR, yang meliputi: penyimpan data CBR secara elektronik, pengolahan data CBR dan perhitungan CBR desain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

., R., ., J., & Wiliyanto, A. (2015). APLIKASI MICROSOFT OFFICE ACCESS 2007 DALAM PERHITUNGAN CBR DESAIN UNTUK DESAIN PERKERASAN JALAN LENTUR DAN KAKU. INTEKNA Informasi Teknik Dan Niaga, 13(2). Diambil dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/125

Terbitan

Bagian

Articles