STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN ADDITIVE POLIMER LATEKS

Authors

  • Muhammad Firdaus Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ibrahim .

Abstract

Beberapa jalan raya di Indonesia berada di atas tanah lempung ekspansif. Daya dukung tanah lempung ekspansif sangat dipengaruhi oleh kadar air, sehingga akan memperle-mah perkerasan jalan dalam kondisi jenuh dan akan memiliki kekuatan dalam kondisi kering. Kadar air berpengaruh besar terhadap kembang susut dan parameter kekuatan geser tanah. Pembangunan jalan-jalan yang dibangun di atas tanah lempung lunak se-ring rusak, misalnya jalan akan retak dan bergeombang sebelum umur rencana berakhir. Untuk mengatasi masalah dimana daya dukung dipengaruhi oleh kadar air, ada alternatif yang dapat dilakukan seperti stabilisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanah lempung lunak Gading Wonosari 33 km dari Yogyakarta yang dipadatkan 95% ?dmaks dengan penambahan polimer lateks 2,5%, 5%, 10% dengan waktu pemeraman 1 hari, dan kemudian melakukan uji triaksial terkon-solidasi undrained (UU), California Bearing Rasio (CBR), uji tekan bebas.   

Penelitian ini menghasilkan bahwa tanah diklasifikasikan sebagai CH (berdasarkan klasi-fikasi Unified) dan A-7-6 (berdasarkan klasifikasi AASHTO). Penambahan aditif akan membuat Batas Cair (LL) menjadi turun dengan Plastic Limit (PL) tetap konstan dan mampu menurunkan Indeks Plastisitas(PI). Persentase gradasi butiran membuat fraksi bawah dan gradasi tanah lempung naik. Penambahan aditif bekerja secara efektif di CBR direndam dengan peningkatan nilai CBR dan mengurangi pengembangan tanah. Uji te-kan bebas akan lebih efektif dengan penambahan garam anorganik. Perilaku matrik suc-tion akan meningkat seiring dengan penurunan kadar air. Penelitian ini menyimpulkan bahwa polimer lateks aditif dapat mengisi dan menutupi pori tanah dan membuat kondisi kedap air serta terjadi peningkatan kekuatan tanah ketika menjadi jenuh tanpa peru-bahan karakteristik fisik apapun.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Firdaus, M., & ., I. (2015). STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN ADDITIVE POLIMER LATEKS. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 13(2). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/122

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)