PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN TERPADU (SIPT) TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA PEGAWAI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN)

Authors

  • M. Wahyu Wardhana Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dewasa ini yang semakin pesat menuntut kebutuhan akan sistem informasi yang semakin canggih. Politeknik Negeri Banjarmasin dalam melakukan program peningkatan sumberdaya manusia dan pengelo-laan pendidikan tinggi pada Politeknik Negeri Banjarmasin dengan melalui Sistem In-formasi Pendidikan Terpadu (SIPT).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh implementasi sistem informasi pendidikan terpadu baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja pegawai Poli-teknik Negeri Banjarmasin, serta mengevaluasi faktor yang berpengaruh dominan terha-dap kinerja pegawai Politeknik Negeri Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Politeknik Negeri Banjarmasin berjumlah 272 orang. Teknik sampling  yang digunakan adalah secara Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil temuan penelitian yang pertama menemukan bahwa secara simultan imlementasi SIPT yang direflekasikan dalam variabel kinerja aplikasi program, tingkat integritas data-base, lingkup organisasi yang dilayani, serta hubungan antar elemen sistem secara ber-sama-sama mempengaruhi kinerja pegawai. Hasil temuan penelitian kedua secara par-sial, hanya variabel kinerja aplikasi program dan variabel lingkup organisasi yang dilayani yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sedangkan variabel tingkat inte-gritas database dan variabel hubungan antar elemen sistem tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil temuan penelitian ketiga menujukkan bahwa dari implementasi SIPT di Politeknik Negeri Banjarmasin, variabel kinerja aplikasi program merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Wardhana, M. W. (2015). PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN TERPADU (SIPT) TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA PEGAWAI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN). Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 13(1). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/111

Issue

Section

Articles