Manajemen Perpustakaan Sekolah pada SDN Mawar VI Banjarmasin

Authors

  • Rika Novyanti Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fitriani Dahrani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Padli Padli Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sari Heppy Maharani Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.627

Keywords:

manajemen, perpustakaan sekolah

Abstract

   

 

Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang paling dibutuhkan didalam pembangunan dunia pendidikan sebagai sumber belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui apakah pengelolaan penyimpanan buku perpustakaan sesuai dengan kaidah kearsipan yang baku. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan  dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan di lingkungan sekolah SDN Mawar  VI Banjarmasin, melalui pelatihan manajemen perpustakaan sekolah diharapkan dapat memudahkan pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan, serta meningkatkan minat baca siswa. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya, adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, dan ekstra kurikuler, disamping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belalajar mengajar yang lebih baik lagi.

 

Kata Kunci : manajemen, perpustakaan sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafadal, Ibraham.2009.Pengelolahan Perpustakaan Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara
Darmono.2001.Manajemen Perpustakaan Sekolah.Jakarta Grasindo
Pusat Bahasa Depdiknas.2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Sinaga, Dina.2011.Mengelola Perpustakaan Sekolah.Bandung: Bejana
NA. Desimal Dewey Klasifikasi Yang memudahkan Mencari Buku di Perpustakaan. 2018. http://www.martinrecords.com/technology/desimal-dewey-klasifikasi-ddc-sistem-yang-memudahkan-mencari-buku-di-perpustakaan/tanggalakses : 20 September 2018

Published

2019-01-03

Issue

Section

Articles