PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM UPAYA PENGEMBANGAN ANGKUTAN KELOTOK UNTUK MENINGKATKAN WISATA AIR DI KOTA BANJARMASIN

Main Article Content

Rofii Rofii Hikmayanti Huwaida Sri Imelda Ramadhani Noor Pratama

Abstract

Perahu Kelotok merupakan sarana produksi bagi masyarakat komunitas angkutan sungai di Kalimantan Selatan. Komunitas Angkutan Sungai  Perahu Kelotok perannya mengantar para wisatawan dalam menikmati keindahan Pasar Terapung dan Pulau Kembang. Tujuan pelaksanaaan Teknologi Bagi Masyarakat ini adalah terbentuknya sistem transportasi, meningkatnya ekonomi Komunitas Angkutan Sungai  Perahu Kelotok dan masyarakat sekitar, mempercantik tampilan kelotok, Membuat Website, menambahkan kelengkapan keselamatan penumpang. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini antara lain pelatihan tentang penggunaan smartphone sebagai sarana komunikasi untuk mempromosikan angkutan sungai kelotok dan menerima jasa pengantaran wisatawan, dan pendampingan guna mempromosikan komunitas angkutan sungai perahu kelotok dan wisata sungai melalui halaman website. Hasil pengabdian diharapkan dapat memberikan kontribusi pada mitra berupa sistem promosi yang mencakup jaringan luas, meningkatkan animo masyarakat baik lokal maupun luar daerah terhadap objek wisata pasar terapung dan pulau kembang, dan juga dapat meningkatkan ekonomi komunitas angkutan sungai perahu kelotok dan masyarakat sekitar kawasan objek wisata.


Kata Kunci: perahu kelotok, komunitas angkutan sungai, pasar terapung, pulau kembang

Article Details

How to Cite
ROFII, Rofii et al. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM UPAYA PENGEMBANGAN ANGKUTAN KELOTOK UNTUK MENINGKATKAN WISATA AIR DI KOTA BANJARMASIN. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2020. ISSN 2655-8181. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/814>. Date accessed: 18 jan. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v2i1.814.
Section
Articles

References

Ideham, Suriansyah. dkk,. 2007. Urang Banjar dan Kebudayaannya. Banjarmasin: Pustaka Banua.
Sztomka. Piotr. 2005. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada.