PELATIHAN PENGELASAN SMAW SERTA KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DAN PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PENGELASAN BAGI USAHA KECIL MENENGAH SE KOTA BANJARMASIN

Main Article Content

Anhar Khalid Darmansyah Darmansyah Akmal Barry Saberani Saberani yusuf rizal fauzi

Abstract

Pelatihan bertujuan agar peserta dapat memahami cara pengelasan SMAW dengan benar dan berperilaku pentingnya K3 dalam proses pengerjaan pengelasan, mengidentifkasi potensi bahaya di tempat kerja, melakukan pencegahan kecelakaan kerja, mengelola bahan-bahan beracun berbahaya dan penanggulangannya, menggunakan alat pelindung diri, melakukan pencegahan dan pemadaman kebakaran serta menyusun program pengendalian Keselamatan dan Kesehatan kerja di bengkel. Pelatihan ini bertempat di workshop Politeknik Negeri Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Peserta pelatihan sebanyak 10-15 orang tukang bengkel las yang berasal dari sekitaran kota Banjarmasin dengan instruktur dosen Politeknik Negeri Banjarmasin  sebanyak 3 orang dan dibantu Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin sebanyak 3 orang. Metode yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan penugasan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta memiliki wawasan, pemahaman dan sikap bekerja yang selamat dan sehat, yang meliputi Pengertian dan Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Identifikasi Potensi Bahaya di Tempat Kerja Faktor-faktor Penyebab Kecelakaaan Kerja Zat dan Bahan Berbahaya Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran dan Penyusunan Program Pengendalian K3 dalam upaya peningkatan produktifitas kerja. Peserta juga mampu menyusun rencana kerja berupa makalah pengendalian bahaya di bengkel kerja masing-masing.

Article Details

How to Cite
KHALID, Anhar et al. PELATIHAN PENGELASAN SMAW SERTA KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DAN PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PENGELASAN BAGI USAHA KECIL MENENGAH SE KOTA BANJARMASIN. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2020. ISSN 2655-8181. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/796>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v2i1.796.
Section
Articles

References

Depkes. (2001). “Prinsip Dasar Kesehatan Kerja”. Diambil pada tanggal 21 November 2005 dari situs:
Tasliman. (1993). Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Tia Setiawan dan Harun. (1980). Keselamatan Kerja dan Tata Laksana Bengkel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Suma’mur. (1985). Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Gunung Agung.