Pelatihan desain grafis untuk pemberdayaan pemuda karang taruna desa Karyabaru Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan

Main Article Content

Abdul Rozaq Raden Kelik Hardinto Riswan Yunida Sigit Mujiarto Muhammad Firdaus Jauhari

Abstract

Kegiatan pelatihan ini adalah sebagai penunjang bagi pemuda karang taruna desa Karyabaru kecamatan barambai kabupaten Barito Kuala dalam memahami lebih jauh lagi mengenai pelatihan Komputer, serta memperkenalkan metode “learn and fun” pada pelatihan tersebut.    Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian Kepada Masyarakat.
Kemampuan dalam menyampaikan ide dan gagasan dalam upaya untuk membangun desa memerlukan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang dituangkan dalam bentuk spanduk, poster, undangan. Ini semua dapat dilakukan, jika kita dapat menguasai atau memiliki kemampuan design grafis yang baik. Pada kesempatan kali ini akan dilakukan transfer pengetahuan berupa penguasaan ketrampilan design grafis menggunakan software photoshop dan corel draw.
Dilakukan survey pendahuluan untuk melihat situasi kerja di lingkungan  kelurahan/  aparatur  desa    dalam  melakukan   tugas  dan  fungsi   (Tupoksi)   serta  kondisi masyarakat. Mengajak aparatur desa  untuk menggerakkan masyarakat melalui organisasi  yang  ada  di  daerah  atau  desa/kelurahan   Karya Baru. Mengkoordinir peserta yang berminat terhadap pelatihan-pelatihan yang sudah disiapkan oleh tim. Peserta  mampu  melaksanakan   pelatihan design grafis dengan hasil yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan keseharian menyangkut desain grafis.

Article Details

How to Cite
ROZAQ, Abdul et al. Pelatihan desain grafis untuk pemberdayaan pemuda karang taruna desa Karyabaru Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2020. ISSN 2655-8181. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/742>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v2i1.742.
Section
Articles

References

Purwanto, B. Desain Grafis Tata Letak dan Tipografi. (h.164).
Kusrianto, A. 2008. Teknik Menggambar Desain Grafis CorelDRAW X4. Jakarta: Elex Media Komputindo
Rohanto Uun. (2010). Mahir Mendesain Sampul Buku dengan Coreldraw X5. Yogyakarta : Skripta Media Creative
Rustan Surianto. (2011). Font Dan Tipografi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Arti-warna-desain-grafis. (2010). Arti warna. Diakses pada 6 Juni 2011. W W W : desain_warna.com
Belajar-desain-grafis. (2009). Desain Cover Buku. Diakses pada 5 Juni 2011. W W W : belajar-desain-grafis.blogspot.com