Pelatihan Pembuatan Furniture dari Bahan Limbah Kayu Pallet

Main Article Content

RAHMATUL JANNATIN NAIMAH RISKA HAWINUTI MUHAMMAD FIRDAUS RIFANIE GAZALIE

Abstract

Salah satu limbah usaha pertokoan yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut adalah kayu pallet. Kayu pallet adalah kemasan kayu yang terbuat dari beberapa macam bahan baku, baik kayu murni yang sering dikenal dengan kayu keras, triplex atau multplex dan bahan MDF (melamine). Kayu pallet merupakan salah satu pilihan yang digunakan para ekportir, perusahaan tranpostasi, logistik dan berbagai industri lainnya sebagai media pembawa komoditinya baik untuk keperluan ekspor, transit, pengapalan ataupun untuk pergudangan. Kayu pallet ini biasanya digunakan ketika mengirim barang menggunakan peti kontainer. Sehingga untuk menghindari benturan dan mengurangi resiko kerusakan ketika pengiriman dalam perjalanan, maka barang yang dikirim dibungkus menggunakan kayu pallet.


       Adapun Mitra Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah warga masyarakat Jalan Safir 2 Komplek Griya Permata, Desa Semangat Dalam Handil Bakti, Barito Kuala. Kawasan Handil Bakti Barito Kuala, sebagai daerah penyangga untuk Kota Banjarmasin, merupakan kawasan yang berkembang, hal ini ditandai dengan makin banyaknya toko-toko besar yang menjual aneka keperluan masyarakat, dari bahan makanan, bahan pertukangan, peralatan mesin dan bahan-bahan meubel, yang sebagian materialnya didatangkan langsung dari pulau Jawa. Dalam proses mobilisasi barang-barang tersebut, para pengusaha menggunakan kayu palet sebagai bahan pengemas barang untuk menjaga kualitas dan kuantitas barang selama proses pengiriman. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan berupa pembuatan furniture sederhana menggunakan kayu pallet bekas yang banyak ditemukan di sekitar lingkungan warga. Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan perancangan furniture melalui penyusunan konsep hingga implementasi konsep dalam bentuk prototype. Perancangan ini dilakukan dengan tujuan memanfaatkan potensi dari limbah kayu pallet yang belum termanfaatkan degan baik.


Luaran yang ditargetkan adalah produk/ barang berupa perangkat meubel seperti lemari multifungsi, lemari tempat dispenser, lemari tempat TV, lemari hias, meja tamu dekoratif dan kursi tamumaupun sofa mini. Metode yang digunakan pada Kegitan Pelatihan Pembuatan Furniture dari Bahan Limbah Kayu Pallet adalah pemprosesan secara manual, yang dimulai dari tahap sosialisasi kepada pihak mitra dan peserta pelatihan; penentuan jenis furniture untuk menentukan alat dan bahan yang akan digunakan; proses perancangan/ desain furniture;  pemilihan bahan  pallet kayu yang sesuai; pembersihan kayu; pengeringan kayu: pengolahan bahan; pembuatan dan perakitan; dan proses paling akhir adalah finishing.

Article Details

How to Cite
NAIMAH, RAHMATUL JANNATIN et al. Pelatihan Pembuatan Furniture dari Bahan Limbah Kayu Pallet. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2020. ISSN 2655-8181. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/705>. Date accessed: 27 may 2020. doi: https://doi.org/10.31961/impact.v2i1.705.
Section
Articles

References

Herniwati, Andi. Dkk. 2017. Kelompok Pengrajin Meubel Kayu dalam Pembuatan
Sofa Set Multifungsi Berbahan Kayu Limbah Kotak Peti Kemas untuk Rumah
Sangat Sederhana (RSS) di Kota Palu. Paper Seminar Nasional Sistem
Informasi Tahun 2017,Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Malang.
(http: seminar.unmer.ac.id, diakses tanggal 20 Mei 2018)

Priambada, Kevin Didenta Bima. 2017. Pemanfaatan Limbah Kayu Palet dalam
Penciptaan Hiasan Terrarium. Tugas Akhir Mahasiwa. Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta.

Radium. 2018. Cara Membuat Sofa dan Meja dari Kayu Pallet Bekas.
(http://www.radium.co.id/en/article/565/cara-membua-sofa-dan-meja-dari-kayu-
pallet-bekas/, diakses tanggal 18 Mei 2018)

Utomo Cahyo, Trian. 2017. Perancangan Kursi dan Meja Tamu dari Limbah Drum
dan Limbah Kayu Palet. Tugas Akhir Mahasiwa. Universitas Negeri
Yogyakarta. Yogyakarta.

Sutanto, Jessica. 2017. Upcycle Limbah Kayu Palet Jati Belanda Menjadi Wadah
Modular Serbaguna untuk Anak-Anak (Studi Kasus: Kota Surabaya). Jurnal
Intra Vol 5 No 2 Tahun 2017. (http://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/59225409,
dikases tanggal 21 Mei 2018)

Yuso & TCH. 2018. Cara Membuat Furniture Rumah Simpel dari Kayu Pallet.
(http://www.yuso.co.id/en/article/647/cara-membuat-furniture-rumah-simpel-dari-
kayu-pallet, diakses tanggal 18 Mei 2018).