SOSIALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN AKUNTANSI BAGI USAHA KELOMPOK INDUSTRI RUMAH TANGGA KECAMATAN LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU

Main Article Content

Heru Kartika Candra Emy Iryanie Heldalina Heldalina Phaureula Artha Wulandari

Abstract

Dalam pelaksanaan pemberdayaan UKM, Dinas Koperasi memiliki program kerja salah satunya yaitu menjalin kerjasama/mitra kerja dengan pihak luar sebagai support bidang keahlian yang berbasis Teknologi Informasi.  Salah satu pihak luar yang dapat melakukan kerjasama yaitu Perguruan Tinggi dalam hal ini Politeknik Negeri Banjarmasin.Sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan  masyarakat, Politeknik Negeri Banjarmasin dalam hal ini diwakili oleh Program Studi Komputerisasi sebagai lembaga pendidikan  merasa perlunya ikut serta memberikan pemikiran, pelatihan dan penerapan keilmuan yang berbasis Akuntansi yang dirasa diperlukan oleh sebuah organisasi yang beracuan bisnis seperti halnya UKM.


Permasalahan utama terdapat pada segi administrasi keuangan.  Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada Program Kemitraan Masyarakat bagi Mitra Kedai Unyui yang akan dilaksanakan melalui Program Peningkatan Kemampuan pengembangan sumber daya manusia dalam memahami dan memanfaatkan pengetahuan dibidang Akuntansi, sehingga diharapkan nantinya setiap anggota UKM khususnya UKM Kedai Unyui tidak hanya bisa memahami pengetahuan akuntansi sebagai dasar pengetahuan administrasi keuangan namun dapat merancang dan membuat pelaporan akuntansi sesuai kebutuhan UKM masing-masing.


Materi-materi yang akan diberikan dalam pelatihan bagi anggota UKM meliputi beberapa strategi dalam mengkonstruksi identitas mereka. Jones (1990) menyatakan rangkuman dari lima strategi dalam konstruksi presentasi diri yang diperoleh dari eksperimen terhadap situasi interpersonal:Ingratiation, Competence, Intimidation, Exemplification dan Supplication. Materi-materi tersebut diberikan berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap anggota UKM.


Hasil yang telah dicapai pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu pemahaman tentang teori akuntansi dasar dalam melaksanakan proses administrasi yang benar dan tepat sasaran sesuai dengann bidang yang dijalankan pihak UMKM yaitu pelaksanaan dan pengembangan usaha bisnis.  Selain itu para peserta telah diberikan pelatihan bagaimana membuat laporan keuangan sederhana sesuai dengan transaksi yang terjadi pada saat pelaksanaan bisnis.

Article Details

How to Cite
CANDRA, Heru Kartika et al. SOSIALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN AKUNTANSI BAGI USAHA KELOMPOK INDUSTRI RUMAH TANGGA KECAMATAN LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 74-80, jan. 2019. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/617>. Date accessed: 25 may 2019.
Section
Articles