KEBERSIHAN DIRI MELALUI PROGRAM CUCI TANGAN SEBAGAI BENTUK KESADARAN SISWA HIDUP SEHAT DI SDN INTI 11 BANJARMASIN

Main Article Content

Agus Irawan Adi Pratomo Mey Risa Novie Shintia

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat PPM ini dilakukan sebagai penerapan keilmuan   yang    bersifat    multi disipliner, yaitu kegiatan edukasi kesehatan dan kebersihan lingkungan. Adapun   skema   yang diusulkan yaitu skema Program Pemberdayaan Masyarakat.


Kegiatan pengabdian ini bersifat  problem  solving, yaitu berupa edukasi dan penerapan hidup sehat dengan membiasakan siswa membudayakan cuci tangan guna meningkatkan kualitas kesehatan diri baik di sekolah, di rumah dan dilingkungan  siswa  berada.  Kegiatan  ini  diarahkan  berupa pembuatan instalasi kran air,  penyuluhan,  praktik  cuci tangan yang benar, dan sosialisasi pentingnya hidup sehat dimulai dengan membiasakan cuci tangan sebelum beraktifitas di sekolah.


Khalayak sasaran (mitra) adalah SDN inti 11 Banjarmasin, yaitu para siswa dari kelas 1-6. Program kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas s i swa a ga r belajar/membiasakan hidup sehat agar bisa menunjang prestasi akademik sekolah

Article Details

How to Cite
IRAWAN, Agus et al. KEBERSIHAN DIRI MELALUI PROGRAM CUCI TANGAN SEBAGAI BENTUK KESADARAN SISWA HIDUP SEHAT DI SDN INTI 11 BANJARMASIN. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 138 - 145, aug. 2019. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/616>. Date accessed: 18 aug. 2019.
Section
Articles

References

DepkesRI. (2006). Profil Kesehatan Indonesia, 322.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. (2008) (4th ed.).Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Linda, T. (2004). Panduan Pencegahan Infeksi untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan dengan Sumber Daya Terbatas (1st ed.). Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

World Health Organization (2008). Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di fasilitas Pelayanan Kesehatan Pedoman Ringkas.

Tarwoto, M. (2010). Kebutuhan Dasar Manusia Dan Proses Keperawatan. Salemba Medika.

Siti Juariah, dkk. (2018). Pengenalan, Pemantauan dan Penyuluhan Pentingnya Personal Higinies di SMAN X Pekanbaru, dari Akademi Analis Kesehatan Pekanbaru, Jurnal Nasional E-ISSN 2614-7106