OPTIMASI E-COMMERCE DENGAN PENERAPAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UKM NIDA SASIRANGAN

Main Article Content

Adi Pratomo Effan Najwaini Agus Irawan Mey Risa

Abstract

Nida Sasirangan merupakan pengrajin sasirangan yang cukup besar di Banjarmasin. Penjualan Nida Sasirangan masih terbatas pada penjualan lokal di Banjarmasin. Nida Sasirangan sudah memanfaatkan sarana sosial media untuk mempromosikan produk-produk mereka melalui Instagram tetapi masih belum melakukan penjualan secara online sehingga pasar mereka hanya terbatas di wilayah Banjarmasin. Nida Sasirangan juga pernah mempunyai website tetapi belum bisa optimal meningkatkan penjualan mereka. Pada Nida Sasirangan terdapat masalah dalam meningkatkan penjualan dikarenakan tidak adanya Nida sasirangan pada halaman pertama pencarian Google, baik itu pencarian website maupun pencarian lokal (local ranking). Nida Sasirangan pernah mempunyai website tetapi sudah tidak aktif lagi sehingga tidak bisa dilakukan optimasi search engine terhadap website tersebut. Penjualan juga masih dilakukan secara offline melalui toko tidak memanfaatkan marketplace. Dari permasalahan tersebut maka dilaksanakan kegiatan “Optimasi E-Commerce dengan Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk Meningkatkan Penjualan pada UKM Nida Sasirangan”. Kegiatan ini dilakukan dengan membuat ulang website Nida Sasirangan dan menerapkan teknik SEO agar memiliki hasil pencarian yang baik. Selain itu juga dilakukan optimasi terhadap hasil pencarian lokal toko Nida Sasirangan. Untuk penjualan secara online telah dibuat toko pada situs marketplace popular di Indonesia dimana tautan tokonya akan diletakan di website Nida Sasirangan. Dengan kegiatan ini diharapkan penjualan produk Nida Sasirangan dapat meningkat dan pembeli produk Nida Sasirangan tidak hanya dari kota Banjarmasin, tetapi juga dari kota lain di Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Article Details

How to Cite
PRATOMO, Adi et al. OPTIMASI E-COMMERCE DENGAN PENERAPAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UKM NIDA SASIRANGAN. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 35-47, jan. 2019. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/615>. Date accessed: 25 may 2019.
Section
Articles

References

Abdi, M. 2011. Potensi Kain Sasirangan Peluang Bisnis Produk Kalimantan Selatan. Tugas Akhir. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STMIK Amikom Yogyakarta. Yogyakarta.

Aida, N. 2015. Peran Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Terhadap Pengembangan dan Pemberdayaan Rumah Sasirangan di Kota Banjarmasin. Skripsi. Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam. UIN Antasari. Banjarmasin

Annisa, Y. 2014. Lebih Jauh Mengenal Batik Sasirangan. Bogor: Optima.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan. 2009. PDRB Kabupaten/Kota Di Kalimantan Selatan Menurut Lapangan Usaha 2006-2008. Banjarmasin.

Ganie, T. N. 2014. Sasirangan Kain Khas Tanah Banjar. Kalimantan Selatan: Tuas Media

Kamal, A. 2015. Analisis Strategi Pengrajin Kain Sasirangan di Kampung Sasirangan, Banjarmasin (Studi Pada UKM Nida Sasirangan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Malang.

Kholis, N. 2016. Kain Tradisional Sasirangan “Irma Sasirangan” Kampung Melayu Kalimantan Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Putra, M.R.A. 2011. Analisis Peranan Industri Kain Sasirangan Terhadap Perekonomian Kota Banjarmasin dan Strategi Pengembangannya (Periode 2005-2009). Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rozaq, A., dkk. 2016. Penerapan Model E-Commerce Guna Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah Produk Sasirangan Kota Banjarmasin. Jurnal Positif. Vol I. No 2 Hal:1-7.

Rozaq, A., dan Hardinto, R.K. 2016. Implementasi Sistem E-Commerce Guna Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menegah Produk Nida Sasirangan. Prosiding SNRT (Seminar Nasional Riset Terapan) 2016. Politeknik Negeri Banjarmasin.

Seman, S. 2007. Sasirangan Kain Khas Banjar. Kalimantan Selatan: Lembaga Pengkajian dan Pelestarian Budaya Banjar.

Sommerville, I. 2011. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Erlangga, Jakarta.