Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Aplikasi Interaktif di Bidang Teknik Mesin

Main Article Content

Muhammad Hasbi Murdjani Murdjani Muhammad Kasim Wahidin Wahidin

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan dasar dalam mengoperasikan komputer saat ini sudahlah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari lagi. Berbagai kegiatan atau aktivitas hidup manusia di jaman moderen ini tidak dapat lepas dengan bantuan komputer untuk membuatnya menjadi lebih mudah, cepat dan efektif. Sebagai contohnya aktivitas pekerjaan manusia yang berkaitan dengan komputer diantaranya: pekerjaan dengan pengolah kata (word processing), pekerjaan dengan tabel (table processing), membaca berita, browsing artikel di internet, bermain game, mengirim dan menerima email. Begitu banyaknya tugas pekerjaan manusia yang dapat dikerjakan dengan bantuan komputer membuat banyak program maupun aplikasi yang dirancang untuk berbagai tujuan.


Program teknik (engineering software) merupakan program khusus yang dirancang dengan tujuan untuk membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai perhitungan dibidang teknik. Pada pengabdian masyarakat ini kami ingin memberikan pengetahuan dan meningkatkan  keterampilan kepada siswa SMA/SMK di Banjarmasin tentang perancangan aplikasi atau program yang berkaitan dengan teknik khususnya dibidang teknik mesin, dengan cara memberikan pelatihan perancangan aplikasi interaktif dibidang teknik mesin ini. Adapun metode pelatihan yang digunakan pada pelatihan ini nantinya adalah kombinasi dari teori dan praktek, dimulai dari pengenalan dasar pemrograman, pengenalan identifier, pengenalan variabel dan pengenalan IDE (Integrated Development Environment) sehingga diharapkan akan memudahkan peserta untuk menguasai materi yang diberikan. Peserta juga akan diberikan berbagai contoh studi kasus perhitungan dalam dunia teknik yang kemudian dicoba untuk dibuat aplikasi programnya. Target luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah jasa pelatihan pemrograman teknik dan publikasi yang akan diterbitkan adalah jurnal pengabdian nasional.

Article Details

How to Cite
HASBI, Muhammad et al. Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Aplikasi Interaktif di Bidang Teknik Mesin. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 119 - 124, july 2019. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/614>. Date accessed: 19 oct. 2019.
Section
Articles

References

Hartono, J. (2011). Pengenalan komputer. Andi Offset, Yogyakarta.

Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XII Tahun 2018. Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Banjarmasin Tahun 2017-2021.

Sudiar, A. (2016). Implementasi dan Perancangan Aplikasi Pada Perencanaan Bantalan dan Bearing. Jurnal Poros Teknik Poliban, 8(Desember 2016), 73–78.

Suyitno. (2018). Pelatihan Komputer Bagi Perangkat Desa dan Karang Taruna di Purworejo. Laporan Pengabdian Masyarakat.