Peningkatan Keterampilan Remaja Dengan Pelatihan Teknisi PC Untuk Siswa SMK Syuhada Banjarmasin

Authors

  • Asrul Sudiar Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Akbar Ela Heka Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rinova Firma Cahyani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Norhafani Norhafani Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.613

Keywords:

Pelatihan Teknisi PC, Pengabdian

Abstract

   

 

Pengetahuan dan keterampilan dasar dalam mengoperasikan komputer saat ini sudahlah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari lagi. Berbagai kegiatan atau aktivitas hidup manusia di jaman moderen ini tidak dapat lepas dengan bantuan komputer untuk membuatnya menjadi lebih mudah, cepat dan efektif. Sebagai contohnya aktivitas pekerjaan manusia yang berkaitan dengan komputer diantaranya: pekerjaan dengan pengolah kata (word processing), pekerjaan dengan tabel (table processing), membaca berita, browsing artikel di internet, bermain game, mengirim dan menerima email. Begitu banyaknya tugas pekerjaan manusia yang dapat dikerjakan dengan bantuan komputer membuat banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki perangkat ini. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memperbaiki jika suatu saat komputer yang digunakan mengalami kerusakan.

Banyaknya pengguna komputer di lingkungan remaja khususnya pelajar di tingkat SLTA/SMK disekitar lingkungan daerah kayutangi Banjarmasin tidak diiringi dengan banyaknya tenaga yang ahli dalam memperbaiki komputer jika terjadi kerusakan menjadi suatu permasalahan tersendiri. Tidak sedikit kejadian dimana bila terjadi kerusakan pada komputer yang dimiliki maka pengguna akan membawa komputer mereka ke tempat servis komputer yang tentu saja memerlukan biaya servis yang tidaklah murah. Sebagai solusi maka dalam pengabdian masyarakat tahun ini kami ingin memberikan pelatihan teknisi PC (Personal Computer) kepada remaja usia SLTA/SMK di lingkungan kayutangi Banjamasin. Tujuan dari pelatihan teknisi PC ini nantinya adalah agar peserta pelatihan memiliki keterampilan dan dapat melakukan perbaikan, perakitan dan upgrade PC sendiri. Metode pelatihan yang digunakan pada pelatihan ini nantinya adalah kombinasi dari teori dan praktek sehingga diharapkan akan memudahkan peserta untuk menguasai materi yang diberikan. Target luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah jasa pelatihan keterampilan dan publikasi yang akan diterbitkan adalah jurnal pengabdian nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XII Tahun 2018. Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Banjarmasin Tahun 2017-2021.
A. Hermansyah, “Buku Panduan Merakit Komputer”, Filla Press, 2011
Suyitno,“Pelatihan Komputer Bagi Perangkat Desa dan Karang Taruna di Purworejo”, Laporan Pengabdian Masyarakat, 2018.
Febrian. Jack, Kamus Komputer & Teknologi Informasi.Informatika, Informatika Bandung, 2007
Hartono, Pengenalan Komputer, Andi Yogyakarta, 2011

Published

2019-01-03

Issue

Section

Articles