EVALUASI PERENCANAAN MENGGUNAKAN 2 METODE DI RUAS JALAN ANJIR PASAR

Authors

  • ahmad noor irpansyah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ria Adriyati Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/gradasi.v3i2.790

Keywords:

tebal perkerasan, metode analisa komponen, metode manual desain perkerasan jalan 2013

Abstract

Jalan Anjir Pasar Marabahan Daerah Wanaraya Kabupaten Barito Kuala ini berada pada daerah rawa merupakan jalur transportasi sangat penting dalam kegitan-kegiatan pergerakan manusia dan barang yang dapat meningkatkan perkembangan ekonomi daerah dan wilayah tersebut dari penelitian yang dibuat ini untuk mencari perhitungan tebal lapis perkerasan jalan untuk jalan baru dan mencari perbandingan tebal lapis perkerasan jalan untuk jalan baru. Dari data yang diperoleh, maka membuat suatu perhitungan perbedaan pada Tebal Lapis Perkerasan tersebut. Perhitungan yang digunakan adalah Metode Analisa Komponen dan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 dengan data-data yang digunakan seperti data lalu lintas, data CBR (California bearing ratio), data jumlah penduduk dan data curah hujan. Hasil dari penelitian tersebut bahwa didapat perbandingan tebal lapis perkerasan dari Metode Analisa Komponen yaitu Laston dengan tebal 5 cm, LPA (agregat kelas A) dengan tebal 15 cm,  LPB (agregat kelas B) dengan tebal 10 cm. Sedangkan dengan  Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 yaitu Burda dengan tebal 2 cm, LPA (agregat kelas A) dengan tebal 25 cm dan Lapis Penopang dengan tebal 35 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Mahendra Rofinus. (2014). Tugas Akhir Tinjauan Perencanaan Konstruksi Pelebaran Jalan pada Paket Pelebaran Jalan SP. Handil Bakti (SP. Serapat) – Marabahan/DS. B.Anyar Kabupaten Barito Kuala (A. M. Rofinus., Ed.). Banjarmasin.
Asiyanto. (2010). Metode Konstruksi Proyek Jalan (Asiyanto, Ed.). Retrieved from www.penerbit-ui.com
Hendarsin Shirley L. (2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya (Politeknik Negeri Bandung, Ed.). Bandung.
Herliansyah. M. R. (2013). Jenis Perkerasan dan Perbandingannya. Retrieved from muse-enterprise.blogspot.com website: http://muse-enterprise.blogspot.com/2012/04/jenis-jalan-dan-perbandingannya-aspal.html
Laylatul Muyasyaroh. Sisqa. (2017). Tugas Akhir Analisis Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Analisa Komponen SKBI 1987 Bina Marga dan Metode AASHTO 1993 (Studi Kasus Peningkatan Ruas Jalan Siluk – Kretek, Bantul, DIY).
Marga, D. B. (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013. Jakarta.
Shifatul Ulya. Khansa. (2017). Tugas Akhir Analisa Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 dan AASHTO 1993 (Studi Kasus Ruas Jalan Baron – Tepus (Planjan – Tepus).
Sukirman Silvia. (2010). Perencanaan Tebal Struktur perkerasan Jalan Lentur (Triana Sofyan, Ed.). Retrieved from [email protected]
Umum, D. P. (1987). Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa komponen SKBI - 2.3.26.1987. Jakarta.
Wignall Arthur, S. Peter, Kendrick, Ancill Roy, C. M. (2000). Proyek Jalan Teori & Praktek Edisi Ke Empat. (C. M. Wignall Arthur, S. Peter, Kendrick, Ancill Roy, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Published

2019-12-02