EVALUASI PERENCANAAN MENGGUNAKAN 2 METODE DI RUAS JALAN ANJIR PASAR
DOI:
https://doi.org/10.31961/gradasi.v3i2.790Keywords:
tebal perkerasan, metode analisa komponen, metode manual desain perkerasan jalan 2013Abstract
Jalan Anjir Pasar Marabahan Daerah Wanaraya Kabupaten Barito Kuala ini berada pada daerah rawa merupakan jalur transportasi sangat penting dalam kegitan-kegiatan pergerakan manusia dan barang yang dapat meningkatkan perkembangan ekonomi daerah dan wilayah tersebut dari penelitian yang dibuat ini untuk mencari perhitungan tebal lapis perkerasan jalan untuk jalan baru dan mencari perbandingan tebal lapis perkerasan jalan untuk jalan baru. Dari data yang diperoleh, maka membuat suatu perhitungan perbedaan pada Tebal Lapis Perkerasan tersebut. Perhitungan yang digunakan adalah Metode Analisa Komponen dan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 dengan data-data yang digunakan seperti data lalu lintas, data CBR (California bearing ratio), data jumlah penduduk dan data curah hujan. Hasil dari penelitian tersebut bahwa didapat perbandingan tebal lapis perkerasan dari Metode Analisa Komponen yaitu Laston dengan tebal 5 cm, LPA (agregat kelas A) dengan tebal 15 cm, LPB (agregat kelas B) dengan tebal 10 cm. Sedangkan dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 yaitu Burda dengan tebal 2 cm, LPA (agregat kelas A) dengan tebal 25 cm dan Lapis Penopang dengan tebal 35 cm.
Downloads
References
Asiyanto. (2010). Metode Konstruksi Proyek Jalan (Asiyanto, Ed.). Retrieved from www.penerbit-ui.com
Hendarsin Shirley L. (2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya (Politeknik Negeri Bandung, Ed.). Bandung.
Herliansyah. M. R. (2013). Jenis Perkerasan dan Perbandingannya. Retrieved from muse-enterprise.blogspot.com website: http://muse-enterprise.blogspot.com/2012/04/jenis-jalan-dan-perbandingannya-aspal.html
Laylatul Muyasyaroh. Sisqa. (2017). Tugas Akhir Analisis Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Analisa Komponen SKBI 1987 Bina Marga dan Metode AASHTO 1993 (Studi Kasus Peningkatan Ruas Jalan Siluk – Kretek, Bantul, DIY).
Marga, D. B. (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013. Jakarta.
Shifatul Ulya. Khansa. (2017). Tugas Akhir Analisa Tebal Perkerasan Lentur dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 dan AASHTO 1993 (Studi Kasus Ruas Jalan Baron – Tepus (Planjan – Tepus).
Sukirman Silvia. (2010). Perencanaan Tebal Struktur perkerasan Jalan Lentur (Triana Sofyan, Ed.). Retrieved from [email protected]
Umum, D. P. (1987). Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa komponen SKBI - 2.3.26.1987. Jakarta.
Wignall Arthur, S. Peter, Kendrick, Ancill Roy, C. M. (2000). Proyek Jalan Teori & Praktek Edisi Ke Empat. (C. M. Wignall Arthur, S. Peter, Kendrick, Ancill Roy, Ed.). Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam Jurnal Teknik Sipil ini dipegang oleh Dewan Redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak cipta tetap dimiliki penulis).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Teknik Sipil berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta ijin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.