Metode Stabilisasi Semen Terhadap Peningkatan Nilai CBR Tanah Dasar Jalan Lingkungan

  • Muhammad Firdaus
  • Muhammad Suhaimi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fathurrozie Fathurrozie Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Dalam makalah ini mendiskusikan  mengenai  pengembangan  fasilitas infrastruktur  umum di Komplek  Bumi Mas Lestari  Perdagangan  Banjarmasin  yaitu Pembangunan  Jalan lingkungan  yang secara khusus  meninjau  bagian tanah dasar dan ketebalan  timbunan  sirtu. Perhitungan  daya dukung  tanah dasar mengacu kepada input nilai CBR metode SNI yaitu index dan engineering  properties,  uji kepadatan tanah standar proctor di laboratorium dan uji CBR Laboratorium. Studi penelitian terhadap tanah dasar yang dibandingkan adalah tanpa dan dengan penggunaan penambahan semen 9% terhadap tanah asli lanau lunak berlempung  plastisitas  rendah,  hasil  yang  dapat  mewakili  untuk  perbandingan  nilai  kelayakan  subgrade adalah pemenuhan terhadap ketentuan nilai CBR subgrade pada Spesifikasi Umum Bina Marga sebesar minimum 6% pada pelaksanaan timbunan jalan, karena antara nilai CBR tanah dasar asli yang dihasilkan 4% dan setelah distabilisasi menggunakan semen menghasilkan  peningkatan 9,8%, tanah dasar telah memenuhi persyaratan   dan  dapat  digunakan   menjadi  bagian  dari  konstruksi   perkerasan   jalan  diatasnya  sebagai penopang.


Abstract


This  paper  discuss  infrastucture  development  of  road  transportation  in  Bumi  Mas  Lestari Housing   Compex   Construction   mainly   Road   access   facility   construction   mainly   for   subgrade   and embankment of  thickness materials. The calculation of theoretical bearing   capacity of subgrade based on Standar Nasional Indonesia (SNI), including Proctor Standard and CBR test laboratory.research  focus on cement mixing between natural condition of subgrade using 9% cement ratio in silty clayey low plasticity type of soil sample. Conduct Bina Marga Specification of Road Construction,  minimum CBR Design is 6% was allowed with 9,8% CBR Design after mixing cement as stabilitation of 4% CBR design before.

References

Hardiyatmo, H. C.2003. Mekanika Tanah I. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Hardiyatmo, H. C. 2012. Stabilisasi Tanah. Gadjah Mada UniversityPress. Yoyakarta.
Tjok Gde Suwarsa Putra dkk.2013. Karakteristik Tanah Lempung Yang Dicampur Semen Sebagai Bahan Subgrade Jalan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Januari 2013.
Bravo Pandiangan, dkk.2016. Pengaruh Variasi Waktu Pemeraman Terhadap Daya Dukung Tanah Lempung dan Lanau Yang Distabilisasi Menggunakan Semen Pada Kondisi Tanpa Rendaman (unsoaked). JRSDD, Juni 2016.
Bowles, J.E.1991. Sifat – Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Das, Braja M.1994. Mekanika Tanah (Prinsip – Prinsip Rekayasa Geoteknik) Jilid II. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Spesifikasi Umum 2010 divisi 3 Pekerjaan Tanah. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Published
2019-07-24
How to Cite
FIRDAUS, Muhammad; SUHAIMI, Muhammad; FATHURROZIE, Fathurrozie. Metode Stabilisasi Semen Terhadap Peningkatan Nilai CBR Tanah Dasar Jalan Lingkungan. Jurnal Gradasi Teknik Sipil, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-6, july 2019. ISSN 2598-8581. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/article/view/605>. Date accessed: 19 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.31961/gradasi.v3i1.605.